Bengkak di Dengkul – Osteoartritis pake Asuransi Mubarokah

November 23, 2009 at 1:16 am 18 comments

Ini secuil kisah dugaan osteoartritis ane, faktanye sich bengkak di dengkul. Tapi baru dugaan doang, sampe ane balek dari rumah sakit belom jelas tuch penyebab bengkaknye. Bengkaknye kayak gini nich :

Ni ciri-cirinye : bengkak besar di atas tempurung, keras tapi nggak sakit, cuma nggak bisa digerakin ngilu sekali, makanya diganjel ame bantal, ape coba penyebabnye ?

Nih kronologisnye,

Sewaktu ikut workshop TOT Entrepreneurship di rektorat 13 November, ane makan kue, ternyata tuch kue isinye pake udang. Cek asam urat 8,9….zyrolic allopurinol 300 mg ane minum sehari sekali., aman…. Tapi kok sekarang terasa ngilu di dengkul, tepatnye hari Selasa 17 November. Rabu 18 November cek asam urat di RS Tugu Ibu, hasilnye kok normal 5,2…tapi malah nggak bisa jalan. Bawa motor dari Tugu Ibu sambil nahan ngilu….bedrest dach. 

Kamis pagi 19 November paksain ke RS Bunda, herannye tuch dokter diagnosanye asam urat, ane bilang bukan, periksa darah aje dulu, akhirnye die nyerahin ke dokter internis, dirawatlah ane di ruang 323.

Ni hari kedua Jumat 20 Nov 09, belom bisa jalan, masih ngilu di dengkul. RS Bunda Margonta R.323

 Dokternye baru dateng sore, rekomendasi periksa darah ame rotgen. Berarti periksa darahnye baru Jumat pagi 20 November, katanye harus puasa dulu 10 jam. Rotgen malem itu juga, tapi tetap aje hasilnye baru bisa diliat besoknye. Hasilnye luar biasa, asam urat ane normal 4,6 trigliserida normal, kolesterol total lebih 36, HDL normal, LDL kelebihan 33.

Lagi enak-enak istirohat, dateng bagian informasi bilang kalo asuransi ane tidak mengcover rawat inap, silakan siapkan uang 2,5 juta untuk depositnye. Gebleg…. dengkul panas, kepala panas, alhamdulillah hati masih dingin, ane telpon medipro, tanya ke UGD, akhirnye tuch dokter telpon ane, berez dach……pas  pulang zero rupiah.

Setelah liat hasil darah ame rotgen, diagnosa dokter ada cairan di dengkul yang disebabkan oleh peradangan di sendi, jadi harus disedot alias disuntik, alamakkk……..ane minta waktu ke dokter buat cari second opinion, siape lagi kalo bukan  ke mbah google. Bismillah hari Sabtu pagi 21 November 2009 disedot dech…

Persiapan disuntik untuk sedot cairan, dilumasi dulu kate dokter sich nggak sakit, jarum suntiknye lebih kecil dari jarum infus kok, liat aje nanti

Tuch jarum suntik baru separo yang masuk, disuntik terus ampe mentok tulang....kagak dibius nich..ngilunye luar biasa....dari samping kagak terbukti ade cairan, disuntik lagi dari atas, masya Alloh......

Jadi setelah disuntik di 2 titik, nggak ade tuch cairan...lemes badan ane...

Setelah diketahui nggak ade cairan, solusi berikutnye “dibelek”….eit ntar dulu ! keluarga ane aje pade nggak setuju apalagi ane….cari usaha lagilah kenape bisa bengkak, sementara sekarang rasa ngilunye udeh berkurang, ke toilet udeh bisa jalan sendiri. Dokter nyaranin untuk di USG, nah…ini kan mendingan daripade dibelek. Tapi USG baru bisa hari Senin 23 Nov, ya udeh kalo gitu ane pulang aje dech, minta rawat jalan. Urus asuransi, zero rupiah….. kalo bayar hampir 4 jeti dengan kelas utama 250 rebu/malam – AC – TV – 2 orang/kamar, dapet exit permit, pulang dech.

                            JADI KESIMPULAN SEMENTARA  PENYAKIT ANE BUKAN OSTEOARTRITIS

Terima kasih buat sobat-sobat atas doanya via sms dari Prof. Raldi, Prof. Budiarso, pak Adi, pak Doni, Sdr. Ario, telpon dari pak Hendri, pak Nandy wabilkhusus  Sdr. Ardi bersama isteri tercinta dan keponakannya pagi-pagi udeh sampe ke rumah sakit, juga pak Gandjar…sempet ke rumah sakit tapi nggak ketemu ane tapi doanye insya Alloh sampe.

Hari ini Senin 23 November 2009 siap-siap untuk USG.

Nih reportasenye :

Senin malem 23 November USG di RS Bunda, kaki masih ngilu, masih agak bengkak sedikit. Dalam hati ane, kok di USG ye….usg khan biasanye untuk orang yang hamil, berarti dengkul ane hamil …wakakakakaka……Bener aje…pertama  memang harus ke bagian radiologi dulu, terus ame dokternye dr. Ghani dibawa ke ruang dokter kandungan, pasiennye banyak bener, dokternye belom dateng jadi ane langsung masuk. Hasilnye kate tuch dokter ade cairan, liat aje photonye….

Ini hasil USG-nye, ane kagak ngerti...tempel aje doeloe di sini.

dr. Ghani bilang, yang warna hitam lihat tanda panah ye...itu adalah cairan, tapi cairan apa toch itu ? wakaranai neeee.......

Ini hasil pemeriksaan USG-nye, ade cairan serous di dengkul kiri

Sementara ini hasilnye, buat bahan konsultasi ame dr. Nafrialdi hari Kamis 26 November 2009 di RS Bunda.

 

Entry filed under: Artikel Campuran. Tags: .

Knowledge Based Entrepreneur – TOT untuk Dosen Terapi Ikan Garrarufa di Owabong-Purbalingga

18 Comments Add your own

  • 1. udiyono  |  November 25, 2009 at 8:33 am

    maaf pak saya belum bisa nengok, yang sabar pak , kami (warga DTM-FTUI) mendo’akan semoga cepat sembuh dan bisa beraktifitas lagi seperti biasa. Amin 3X

    Reply
  • 2. yusuf  |  November 28, 2009 at 5:01 pm

    Semoga cepat sembuh pak,,
    Pak apa saya boleh copy DVD reportase yang kuliah hari kamis kemaren diputar?
    mau saya kirim ke orang tua, habis orang tua mau mulai bisnis ragu2 terus,,

    Reply
    • 3. imansyah88  |  November 30, 2009 at 9:21 am

      Thanks. Kamu dateng aja ke ruang saya untuk ambil DVD nye.

      Reply
  • 4. Syahriar Reza  |  June 27, 2011 at 6:18 am

    wah ini kayaknya mirip dengan yang saya alami, saya tulis di sini
    http://sangatjelas.wordpress.com/2011/04/14/dengkul-bengkak-akibat-asam-urat-aduh-asyiknya-alhamdulillah/

    Reply
    • 5. imansyah88  |  June 27, 2011 at 6:54 am

      Ane udeh baca tulisan ente, kalo boleh tau berapa usia ente sekarang ? Posisi di Jogja ya ? wah bisa ketemu nih kita, ane ade rencana ke JOgja insya Alloh 29 juni – 2 juli.

      Reply
      • 6. Syahriar Reza  |  July 9, 2011 at 4:14 pm

        Umur saya sekarang 37 bang, mulai sering terasa 2 tahun terakhir. Dari dulu sudah tinggi dan pasti di atas 8 tapi tidak pernah kambuh, apa karena saya berenti olah raga ya bang? Sorry bang sebulan ini jarang ngenet nih, rumah ribet siapin nikahan adik ane.

      • 7. imansyah88  |  July 10, 2011 at 6:21 pm

        Waduh pas banget nih kalo ane cerita sekarang di sini, mingggu lalu ane dirawat di RS karena terjadi pembengkakan seperti yang terjadi 2 tahun lalu, OSTEOARTRITIS….sama persis. Nah yang membedakan adalah tindakan dokternya, memang rumah sakitnya beda dg yang 2 tahun lalu itu. Yang sekarnag ini, begitu ane masuk ruang gawat darurat si dokter ini bilang nggak ada ruang gerak lagi di persendian dengkul saya dan harus disedot saat itu juga cairannya. Mantab khan….cuma sekarang nih dokter langsung tahu posisi dimana dia harus menyuntiknya, jadi sekali suntik tuch cairan langsung dapet sambil diurut agar pergerakan cairannya lebih cepat keluar, alhasil ada 110 cc.
        Setelah dianalisa cairan tersebut di lab, penyebabnya ada 2, yang pertama karena terjadi infeksi yang disebabkan oleh pengapuran tulang, ini ada hasil rontgennya, karena infeksi itu menghasilkan cairan seperti nanah, yang kedua karena akumulasi asam urat, padahal saat cek darah asam urat ane cuma 4,7, jadi kadar asam urat di darah tidak menjadi patokan.
        Sekarang kaki sudah bisa digerakan, cuma belum bisa main badminton dulu ..wakakaka…….

  • 8. Syahriar Reza  |  July 11, 2011 at 12:59 pm

    Hahahaha…… pas juga bang hari ini adalah ke 4 kalinya dengkul saya di sedot, gara2nya cuma sepele saya makan 2 biji ikan teri, tadi pagi diambil dapet 36 cc, masih bisa jalan tapi kaki gak dapat lurus, kalau abang 110 cc wah sakitnya pasti luar biasa. saya sudah bisa membayangkannya. Saya memang rencana mau cek up untuk analisa cairan itu, wah jika saya juga ada radang sendi jadi tambah nih penyakit saya…….hehehe.
    Bang ternyata olah raga kita juga sama, badminton, cuma saya sudah berenti 2 tahun yang lalu karena tangan kanan saya nyeri, dan selama olah raga ini kadar asam urat saya selalu di atas 8-8,5 dan belum pernah sakit krn asam urat. Kata dokter saya memang harus olah raga yang mengeluarkan keringat sangat banyak dan dimbangi minum air putih usahakan yang selalu hangat. Kesimpulannya saya memang harus badminton lagi nih bang atau sudah takdir ya bang, penyuka badminiton penyakitnya adalah bengkak di dengkul….. hehehehe.

    Reply
    • 9. imansyah88  |  July 12, 2011 at 8:46 am

      Badminton juga mesti ati-ati mas, bagusnya sih aerobik ringan, jogging atau renang. Saya sudah 2 hari ini jogging dengan ditemani isteri, untuk mengembalikan stamina karena minggu ini akan ada pertandingan final badminton wakakakakakak….mantab.

      Reply
  • 10. asri  |  January 15, 2013 at 9:22 am

    Aslm.. penyakitnya sama seprti yg saya alami skrg pa, maaf jika kurang sopan, boleh minta no hp pa? klo boleh saya mau konsultasi sm bapak, sebab posisi saya skrg sdg di papua, peralatan rumah sakit minim sekali, saya sudah pernah disedot cairan juga tapi masih bengkak,, klo boleh tau apa bapak sama spt saya? atau ada tindakan selanjutnya setelah disedot cairan? terimakasih banyak sblm nya, atas bantuanya pa, jika berkenan menjawab pertanyaan saya ini no hp saya 08567978641 ( asri ) … waslm.

    Reply
    • 11. imansyah88  |  January 15, 2013 at 1:18 pm

      Asri, thanks dah berkunjung ke blog saya, cerita ttg sedot cairan yg bengkak Di dengkul panjang, Mungkin Bisa komunikasi via email aje ye. Email address saya : imansyah@eng.ui.ac.id

      Reply
  • 12. riyaningsih  |  April 17, 2013 at 6:39 am

    Bapak,,,,salam kenal ,,,saya riyan umur 30 th ibu dari 2 anak,,,saya mengalami dengan apa yang bapak alami.tapi saya belum berani untuk disedot,butuh waktu berapa lama ya untuk pulih semula sejak disedot,,,

    Reply
    • 13. imansyah88  |  April 17, 2013 at 7:57 am

      Begitu abis disedot, dengkul dah bisa ditekuk, dah bisa jalan, tp masih ngilu dikit, butuh waktu 2 hari deh baru bisa jalan sempurna.
      Jangan ditunda-tunda, segera aja disedot, sakit dikitlah kayak digigit semut.

      Reply
  • 14. riyaningsih  |  April 17, 2013 at 8:28 am

    Dari cerita bapak,,,,ko ada produksi lagi,,,,ya cairan sendinya,oiya,,,dokter spesialis apa yang menyedot cairan sendi bapak?hasil lab saya hari ini juga normal semua,,,tidak ada masalah,,,tapi di diagnosis langsung ada cairan sendi,,,tapi ga berani dokternya karena kta beliau setelah disedot ada obat antibiotik yang harus di komsumsi,,,sedang saya sedang saya masih menyusui,,,,maknya saya masih mikir mikir,,,

    Reply
    • 15. imansyah88  |  April 17, 2013 at 9:17 am

      Ya…sebenarnye cairan itu terbentuk karena produksi yang berlebihan, itu disebabkan karena sudah terbentuk kristal di persendian, barangkali hasil lab normal, tapi pergerakan persendian di luar kondisi normal misalnya olahraga yg berlebihan, makan akan menghasilkan cairan itu, sakit sekaliiiiii…dengkul tuh nggak bisa digerakin.
      Mestinya sehabis disedot, nggak usah minum obat antibiotik, dan sangat saya sarankan hindari obat !!!

      Reply
  • 16. riyaningsih  |  April 17, 2013 at 9:23 am

    Oh jadi ga minum obat ya setelah disedot cairannya?dokter apa pak?spesialis ortopedi?tadi pagi saya baru konsul ke dokter penyakit dalam,,,

    Reply
    • 17. imansyah88  |  April 18, 2013 at 5:06 pm

      dikasih sih obat oleh dokter, tapi saya pilih untuk tidak saya minum.
      Dokternya dokter penyakit dalam, sudah sering dia suntik sedot cairan maupun isi cairan di sendi.
      Semoga membantu informasinya.

      Reply
  • 18. fathir  |  December 20, 2014 at 11:54 am

    saya mengalami OA usia 37.6bl .lutut sy bengkak .beraps cara dari obat terapi ahkirnya disedot cairannya.dua hr terasa ngilu.tp dgn dokter rehab dipasang tapping.dan ada perubahan berkurang sakitnya.allhamdulillah…tp hr tunggu 5tappingnya harus dilepas untuk di ganti lagi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: