Knowledge Based Entrepreneur – TOT untuk Dosen

November 13, 2009 at 6:36 pm Leave a comment

Semangat untuk ikut workshop ini menggebu-gebu, bahkan sebulan sebelumnya pak Hendri sudah memberikan undangan ke ane. Saat ini memang ane diamanahkan ngajar mk Teknopreneur, lanjutan dari PHK A3, disamping emang kepengen juga tau ilmu lebih dalem and tambah network, biar bengkel motor ane tambah maju ….wakakakaka….

Jumat pagi 13 November udeh nongkrong di DTM sambil nunggu pak Hendri, ane pesen bubur ayam jumbo. Berangkat bareng dari DTM, jadi nggak ikutan dech kick off meeting I’HERE. Sampe di rekotrat, eee..masih sepi…makanye ane mo nyampein uneg-uneg dulu yee….

TOT_01

Lt. 9 Rektorat Ruang Senat, masih sepi...photo spanduknye dulu dech...

Undangan jam 08.00, tapi sampai jam 09.00 acara TOT ini belum dimulai. Start bisnis yang kagak bagus, belom mulai bisnis udeh diajarin telat. Panitia masih ngetest sound system. Siape sebenarnye panitia ini. Kayaknye nih acara program Dikti, di spanduk ada tulisan SINERGI B.I.G (Business . Intellectual . Goverment), KADIN, Dirjen Dikti Diknas. Di meja reseptionis tadi udeh tanda tangan ampe 4 kali, yang begini nih biasanye dari dikti.

 Jam 09.15 baru dibuka ame MC, peserta yang hadir perwakilan dari beberapa universitas diantaranya :

  • Universitas Al-Azhar
  • Universitas Gunadarma
  • ITI
  • Universitas Pancasila
  • PNJ
  • Trisakti
  • UI
  • Universitas 17 Agustus
  • UPH
  • UPIYAI
  • Universitas Sam Ratulangi
  • UNJ
  • Universitas YARSI

Sambutan pertama oleh pak Agus dari Dikti, katanya acara ini bagian dari 100 hari program MenDiknas yang baru……kemudian dilanjutkan oleh presentasi tentang “The 5 Arrows of New Business Develepment” oleh Dr. Handito Joewono dari KADIN, kalo liat CV-nya pak Handito ini banyak sekali aktivitasnya dan jabatannya.

TOT_02

Lihat gayanye pak Han, energik sekali pada saat presentasi....sekali lagi...banyak amanah yang dipegang oleh pak Han terkait dengan pembinaan UMKM, semoga sehat selalu pak yaaa....

TOT_03

Pak Hendri saat bertanya ke pak Han, yaa inti pertanyaannya sharing informasi saat pak Hendri ke Jerman beberapa waktu lalu. Di sebelahnya peserta dari Univ. Al-Azhar, dosen juga yang pasti.

Presenter berikutnya adalah pak Yudi Purnomo, ane familiar ame nih  orang, cuma lupa ketemu dimane yee….terakhir baru inget saat die bilang pernah bekerja di PT TAM (Toyota Astra Motor), oohhhh iye…dulu ane magang di PT TAM tahun 1992, die yang ngasih training, gaya-gayanye dipake saat workshop TOT ini.

TOT_04

Semua peserta diminta untuk berdiri, nah sekarang pilih ketua kelompok anda...tunjuk yang memakai pakaian yang paling rapi....

TOT_05

Pak Yudi Purnomo, dulu pake kacamta die. Di sebelahnye bu Nancy, seorang entrepreneur yang sukses. bu Nancy ini dari Unpad berkolaborasi dengan dosen dari ITB melalui dana RAPID berhasil membuat SOFTWARE J-BATIK. Luar biasa, ternyata alur-alur batik dapat dibuat dengan model matematik fractal, medianya tidak hanya bahan/kain tetapi juga kayu dan kulit. Hebat khan.....

 Presenter terakhir pak Sena konsultan bisnis. Peserta dikerjain dulu, disuruh pukul pundak rekan di sebelah kite, biar kagak ngantuk katanye, padahal di sebelah ane khan ibu-ibu…ngaco aje ente….. Pas udeh seger barulah dimulai games tentang cash flow ala Robert T. Kiyosaki, selintas mirip permainan monopoli, miskin-kaya,…kaya-miskin….khayal…..

TOT_06

Persiapan games cash- flow ala Robert T. Kiyosaki. Di sebelah ane pak Hamid dari PNJ, di belakang ane pak Patrick dari Univ. Sam Ratulangi, yang cewek itu mediatornye, namanye Amel dari UI.

TOT_07

Nah kayak gini nich gamesnya, mirip monopoli khan....harganye 2 jt, kalo beli lebih dari 5 bisa turun jadi 1,5 jt....satu grup ada 6 orang, kita harus punya "day dreaming", harus jadi orang kaya walaupun profesinya sebagai janitor, ane kebagian sebagai janitor...kagak kaya-kaya ampe abis permainan wakakaka.......

TOT_08

Pak Hendri ame pak Yuswan lagi tawa-tawa die...padahal belom jadi orang kaya wakakaka....mendingan miskin bahagia daripada kaya kagak bisa "berdiri"...wakakakaka.....

TOT_09

Suasana games cash flow, ane lagi berdiri tuch....soalnye abis kena PHK, profesi sebagai janitor, gaji 680 dollar, kena PHK pula...gimane mo kaya.....mo kaya ??? lihat jawabannye di bawah ye...

Di akhir games, pak Sena menyampaikan bahwa siapepun orangnye, apapun profesinye, die bisa jadi orang kaya, gimane caranye ! Cari passive income dengan berwirausaha – perbanyak infaq sedekah. Kesimpulannye DOSEN JUGA BISA JADI ORANG KAYA ! Bismillah…..

Entry filed under: Kegiatan Akademis.

Kuliah Umum Teknopreneur – Strategic Business Plan Bengkak di Dengkul – Osteoartritis pake Asuransi Mubarokah

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

November 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts