Road Trip to Papandayan – Garut

February 5, 2022 at 4:13 pm Leave a comment

30 Januari – 1 Februari 2022

prepared by Wasabi

Sama juga dg trip ke Jogja beberapa waktu yg lalu itu, trip ke Garut ini juga mendadak. Bedanya trip ke Garut gw pake XP. Sekalian mau test device voltage stabilizer merk hurricane yg gw pasang beberapa hari lalu. Terutama fuel consumptionnya, karena ini terukur dan jelas.

AHAD, 30 Januari 2022

Berangkat pkl. 10.05, sebenernya masih ada rasa kantuk, karena pagi tadi nganter keponakan ke bandara Soetta. Semula mo pake serena C26, ternyata pendamping gw trauma saat ke Guci, tuh C26 kagak kuat nanjak, akhirnya pindahin barang2 bawaan ke XP : jaket, kartu toll, sajadah, payung, topi komando, etc. Awal Februari gw service dah tuh C26, tune up, ganti oli dll. Kayaknye emang ada suara ngelitik gitu.

Jalan relatif senggang, begitu juga  Tol Layang Muhammed Bin Zayed (MBZ), lancar jaya…pkl. 11.30 sengaja keluar tol Jatiluhur, ini target pertama, apa itu ? RM Ciganea, yaa…yg selama ini tau RM Ciganea itu ada di rest area km.72 atau km.88, ternyata aslinya itu ada di pas exit tol Jatiluhur. Jadi begitu keluar tol, ketemu pertigaaan, ke kanan ke Bandung dan ke kiri ke Jatiluhur atau Purwakarta, nah RM Ciganea itu persis di depan mata di pertigaan itu. Tukang parkirnya jago banget dah ngatur parkirnya, karena siang itu walaupun belum jam makan, tapi parkiran dah penuh.

RM Ciganea, berikut menu favorit gw : ayam goreng kampung, daging gepuk, sate maranggi, sambal cobek, kecap, pete,  teh tawar panas

Gw rekomen banget dah ame nih menu2nye, ajibb,…oishiii….sate maranggi 5 tusuk, ayam goreng, daging gepuk, ikan asin dicabein, sate paru, pete, sambal cobek, es kelapa muda jeruk. Dari semua RM Ciganea, emang ini yg paling enak. Gw dah niat suatu saat mo ajak bokap nyokap berikut anak dan mantu makan di RM Ciganea. Insya Alloh.

Harganya tidak terlalu mahal, makan berdua dengan lauk pauk yg gw sebutin itu hanya 213.000. Apresiasi gw untuk tukang parkir, gw kasih tip lebih, akses jalan keluar dan langsung masuk ke tol, dibantu sangat oleh tukang parkir ini.

Sampe di RM Ciganea ini, jalur yg ditempuh sekitar 101 km, dg FC 16 km/liter dg  kecepatan rata2 100 kpj.

F/C 16 km/L masih oklah ya.

Masuk tol lanjut ke Bandung-Cileunyi, ternyata exit di Cileunyi itu sekarang sudah ada flyover dan underpass, jadi kalo menuju Garut nggak perlu lagi putar balek u-turn untuk menuju Rancaekek. Sudah tidak ada lagi persimpangan Sumedang-Bandung-Garut. Lancar jaya…aspal sepanjang Rancaekek – Cicalengka – Leles – Garut relatif baguslah. Hanya ada beberapa titik macet, nggak parah sih, itu lho penyebabnya…ada bubaran karyawan tekstil. Padahal ini hari Minggu, mereka lembur ½ hari pasti ngejar cuan ye. Itu pabrik tekstil Kahatex, luar biasa luasnya, ada beberapa pintu utama, seperti Kawasan briket nusantara gitu lah, jadi kalo lewat jalur Rancaekek pastikan jamnye jangan pas bubaran pabrik atau pergantian sift.

Seperti perjalanannya sebelumnya, kalo ke Garut itu selalu mampir di Mesjid Iqra Leles, gw  sempetin mampir sholat, biasanya ada ikan terapi garafura, tapi hari ini gw gak liat tuh di kolamnya, mungkin karena sedang renovasi kali, jadi ikannya ditarik dulu.

Mesjid Iqra – Leles

Target berikutnya adalah Kampung Durian Kuyambut…ini atas rekomendasi kawan gw Gerry, dosen muda Teknik Perkapalan DTM. Tidak terlalu sulit untuk mencapai kampung durian ini, dengan google maps dijamin kagak nyasar, cuma memang tidak ada signage-nya tuh, masuk perkampungan seperti tidak ada tanda2 kampung durian. Dari jalan raya Leles – Garut, belok kiri ke jl. Anwar Musaddad, sekitar 1,9 km lah dari jalan utama itu. Nah jl. Anwar Musaddad itu hancur guys, banyak lubang, banyak truk lewat jalan ini.

Luar biasa ajibbbbb nih duren lokalnya, hanya 50 rb/kg. Rasanye itu sulit dilukiskan dg kata2….wakakaka. Dengan berat 3,5 kg itu dah kenyang banget makan berdua. Banyak juga pengunjung di kampung durian ini, nggak hanya mobi berplat Z, banyak juga plat B dan D. Salah satu mobil yg berplat B adalah Nissan serena C26 warna putih tahun 2013, nah itu serena temen gw Gerry, persis sama ame nissan serena gw. Gerry ini aslinya orang Padang, dia nikah dengan mojang priangan Garut, jadi die sebenarnya lagi pulkam ke Garut.

Durian lokal, beuhhh….ajib bro….ada pahit2nya gitu

Kenyang sudah perut ini, lanjut cari penginapan di sekitar Cipanas, beuhhh..hujan deras sekali. Semula ke S*nt*k* Hotel, tapi kok daerahnya agak sepi, memang hotel baru nih, akhirnya cari ke arah kota Garut, bair agak ramean lokasinya, pilihan jatuh ke F*v*hotel di jl. Cimanuk. Istirahat sebentar di hotel, cukup untuk mandi dan sholat. Sepanjang jalan Cimanuk, memang banyak tuh rumah makan, ada steak, mie Jogja, ramen, sushi, kafe rooftop. Tapi ngapain di Garut cari makanan gituan, carilah makanan khas kota Garut, gw tanya ke resepsionis hotel, rekomendasi kalo mo makanan tradisional khas Garut ada di Alun2 Garut, nggak jauh juga dari Hotel…dilalah mungkin karena hujan gerimis, sepi tuh kgk ada yg jualan, ada sih beberapa. Akhirnye balek ke hotel, persis di depan hotel itu ada bubur ayam Garut dan batagor Bandung, slogannya “ayam dibuburin”. Rasanya nggak beda dg bubur ayam Garut yg di Margonda, asesorisnya aja yg di Garut ini lebih banyak, kerupuknye sepiring, bisa beli setengah porsi dan jelas harganya. Rasanya OK buat lidah gw sih. Nah gw juga cobain batagor kuah, rasanya jadi mirip bakwan malang. Masih hujan gerimis, tentu sudah disiapkan dg payung doong. Biasa emang kalo imlek kan hujan tuh. Gw mampir ke alfa beli snack dan air mineral yg terpenting, gw nggak suka air isi ulang yg disediain pihak hotel. Salahnye gw pesen es jeruk, wakakaka…padahal cuaca dingin dan hujan gerimis, akhirnye besok pagi kering tuh tenggorokan gw, agak perih dikit, langsung hantem pake ester C.

Ayam dibuburin

             

SENIN, 31 Januari 2022

Sarapan pagi di hotel, menu standar….rasa standar, tak apa sekedar ada asupan untuk energy ke Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan.

Cek di g.maps jalur ke TWA Papandayan sekitar 31 km dr F*v* hotel, tidak terlalu sulit walaupun tetap menghunakan gmaps. Berangkat pkl. 07.30 via pusat kota Garut, lalu ke arah selatan, satu arah dengan Pameungpeuk. Kondisi lalu lintas lancar, kecuali beberapa titik kemacetan itu saat melewati pasar, gw lupa nama pasarnya, kalo gak salah ada yg namanya pasar Cilimus, mirip di Kuningan Cirebon ya. Kondisi aspal dr Garut kota sampe dg pertigaan Pameungpeuk – Papandayan gw gak bilang muluslah, sebagian msh berlubang kalopun ada tambalan itu nggak rata, average kondisi aspal 75% oklah.

Route to TWA Papandayan –> see google maps

Nah…problemnye ape coba tebak?

Itu angkutan antar kota sejenis elf itu bikin rusuh di jalan, ugal2an banget dah, sepintas gw liat spion sih ada logo 3 berlian. Die pengen libas jalur kanan mlulu, untung XP gw dah pasang voltage stabilizer, teruji bener akselerasinye. Power ngisi terus, apalagi gw setting mode “O/D OFF”…beuhhh…ajib dah. Baru bisa nyalip gw pas ada kemacetan, die nekat ambil kanan…masa bodo ame kendaraan yg dari arah berlawanan. Gelo emang dah.

Nah..itu angkutan kota gak satu jalur lagi ame gw setelah pertigaan Pemeungpek – Papandayan. Ada juga truk yg kadang menghambat perjalanan karena jalannye pelan banget, muatannya penuh.

Begitu masuk Jl.Papandayan disuguhin poldur, kgk standar pula ini poldurnye. Selesai poldur mulai deh kondisi aspal yg mengelupas, banyak lubang dan bebatuan, kondisi aspal seperti ini sampai pintu gerbang TWA Papandayan,  sekitar 7 km deh. Ada tanjakan yg ekstrim juga sih, alhamdulillah bisa dilibas ame XP, mungkin kalo pake C26 agak lomot jg kali ye, yg jelas bakalan banyak mentok dah. Mungkin karena masih pagi juga, jarang banget kendaraan yg gw temuin, sampe gw ada niat putbal, apalagi kondisi aspal yg kurang bagus. Hanya papasan dan dibalap oleh motor dg suara knalpot bising dg muatan penuh rumput, kentang, kayu…macem2 yg dibawa. Ahh…tanggunglah gaskeunnnn. Akhirnya sampe juga pintu gerbang bertuliskan Selamat Datang di Taman Wisata Alam Papandayan.

Sepintas setelah pintu gerbang itu jalan nanjak dan berbelok    Kayak gini nih kondisi jalannye

Ini rincian tiketnya, hari kerja dan turis lokal. Kalo hari libur dan turis asing harganya beda. Dengan karcis masuk untuk mobil 25 rb itu mestinya kondisi jalan dibagusin dong. Ini mirip ame jalur di Gn. Pancar Sentul, retribusinya banyak banget tapi aspalnya ancur.

Kondisi aspal bagus setelah melewati pintu masuk sampai ke area parkiran. Luas lah area parkirannya, di sekeliling area parkiran ada warung-warung. Bisa minum susu jahe atau teh, indomie, tahu, pisang, bakwan, macem2 dah. Kondisi lain yg membuat gw nyaman adalah kagak ada tukang jualan keliling yg di bbrp tempat wisata selalu ngikutin kita terus tuh. Kalo tukang poto ada sih tapi mereka sopan, kita angkat tangan mereka dah nggak ngikutin tuh. Nah ada juga tukang golok dan pisau, gw heran nape di tempat wisata ada aja orang jualan golok atau pisau.

Mensyukuri ciptaan Alloh SWT dr menara pandang

Dari sekian banyak objek, yg paling memungkinkan adalah kawah yg jaraknya hanya 700 m, tapi booo….itu juga jalannya nanjak, hanya sekitar 200 m aspal, abis itu jalan bebatuan. Kalo fisik dan stamina elo bagus, baiknye elo tempuh dg jalan kaki aje, tentu mesti juga dg persiapan sepatu, barang bawaan barangkali cukup minum, trekking pole (tongkat utk hiking itu lho), kamera haruslah…paling nggak kamera hp yg mumpuni, terlalu banyak kebesaran Alloh SWT yg mesti elo abadikan.

Gw terpaksa harus naik ojek, ada 1 tukang ojek yg perempuan, namanye Ce Anis, asli Garut, khan emang biasanya ada tuh penumpang wanita yg pengen ojeknya jg wanita. Nah gw…beda cerita, motor gw yg bawa, bini gw gonceng….1 motor ojek lagi buat mereka sesame ojek, jadi gw tetap sewa 2 motor, tarifnye 40 rb pp, 2 motor gw kasih 100 rb, sekalian buat upah nungguin lah.

Itu honda b**t 2 x kagak kuat nanjak, dasar emang berat badan gw dan bini mencapai 160 kg…wakakakakakaka. Itu photo sebelah kanan ceritanya dari tangan kanan gw bisa keluar asap

Motor hanya bisa sampe di pos 1 (basecamp ojek), untuk mencapai kawah mesti jalan lagi, bini gw cuma kuat mungkin ¾ perjalanan menuju kawah, trek nye memang agak curam dan bebatuan, selain memang fisiknye kagak memungkinkan.

Setelah photo2 untuk kenang2an dan memori tentunya, gw turun dari area kawah itu. Lanjut ke objek yg lain, apa itu? Taman Edelweis & Cottage…di area ini kita bisa sewa cottage, tapi yg gw liat justeru banyak yang kemping bersama keluarganya. Selain bunga edelweiss, banyak juga bunga warna warni, buat cewek2 mah pas dah buat photo2. Itu tukang bersih area kemping, jago banget dah nawarin jasa photo, spot2nya dikasih tau ame die, terus dg gaya2 macem2 dah, akhirnye gw kasih hp gw utk photoin gw, dengan senyummye die terima cebanan gw, terima kasih ya mang. Area taman dan cottage ini sangat bersih lah kalo gw bilang, tempat sampah dan toilet juga terjaga rapi dan bersih.

Sebelum masuk ke area taman edelweiss, sebelah kanan ada area pemandian air panas atau terapi air panas. Murah ya tiketnya…ada tuh infonye photo di bawah. Gw gak masuk ke area terapi air panas. Gw perhatiin sih, wisatawan yg turun dari kawah, mereka langsung berendem air panas.

Gerbang Taman Edelweis dan Cottage area

 

TWA Papandayan juga tersedia musholla berikut toilet, cukup bersih. Oh iye, berapa temperature di TWA Papandayan ini? Siang itu gw taksir di bawah 20 oC, gw sempet buka sweater S2W, ternyata dingin juga bro…apalagi angin kencang. Hanya bisa dihangatkan oleh teh tawar panas….sadappppp. Saat itu waktu sudah pkl. 13.00, gw putuskan balek ke Garut, karena kabut juga udah mulai tebal, khawatir menghalangi pandangan jalan saat balek nanti, apalagi kondisi jalan yg berlubang. Gw putuskan makan siang di tengah perjalanan aja nanti.

Dilalah sepanjang perjalanan kagak nemu rumah makan yg menarik. Hanya ada tulisan besar rumah makan bla..bla..bla….., tapi tutup, mungkin dampak pandemi covid-19. Akhirnya teringat rumah makan Dua Saudara, itu yg berada di Garut, deket simpangan jl. Samarang. Dulu pernah beberapa kali makan di RM Dua Saudara ini, khas sunda. Kalo gw dah beberapa kali makan di sini, berarti rasanya dah cocok ame lidah gw, problemnya memang parkiran yg sempit, karena persis pinggir jalan.

Rencana semula mau lanjut ke Sumedang, tapi kondisi cukup lelah dan sudah agak sore juga dan gerimis pula, akhirnya putuskan istirahat aje deh di hotel.

Cek F/C 9,5 km/L jarak tempuh 63 km.

Makan malam di mana ya….googling deh, ternyata sepanjang jalan Cimanuk banyak yg favorit, ada resto eats boss, resto cargo, steak, macem2 deh…. Gw kgk demen makan kyk gituan, anak muda banget.  Daerah alun2 kota juga banyak resto, Jl. Samarang juga ada sate maranggi P’Nur.. Teringat lagi RM Cibiuk, OK go….Sebelah RM Cibiuk ada juga RM Mang Asep tapi kok sepi, cuma ada 2 mobil yg parkir, sementara RM Cibiuk rame bener di parkirannye.

Suasana sih OK lah, order sayur asem, gurame bakar kecap, sate kambing. Beuhhh…di luar ekspektasi, rasanya kok beda dg yg dulu ya….kurang enak, beda jauhlah kalo dibanding ame RM Ciganea, apa boleh buat dg harga 240 rb kagak worth it lah. Cuma minumnya doang yg pas….apa itu ? Teh tawar panas …wakakaka

240 rb coy….mehonggggg, rasanye kagak pas di lidah gw –> photo didelete aje

SELASA, 1 Februari 2022

Setelah sarapan di hotel, langsung check out dan mampir dulu ke sentra kulit Sukaregang. Ada 2 target di Sukaregang ini, silaturhami ke kiosnya pak Tatang (Wafina collection) dan home industry kerupuk kulit.

Setelah sekian tahun ndak jumpa pak Tatang, beliau masih sehat dan seperti yg dulu

Alhamdulillah ketemu dg pak Tatang, beliau masih sehat walafiat dan masih seperti yg dulu, pertama kali ketemu tahun 2012. Saat itu gw order jaket kulit. Terakhir ketemu sebelum covid, mungkin sekitar tahun 2017, makanya saat ketemu kemarin itu, dia lupa ame gw, yang diinget gw tinggal di Srengseng Sawah, karena beberapa kali orderan gw dikirim via JNE ke alamat rumah.

Pak Tatang sekarang usianya 75 tahun,  masih punya balita lho….luar biasa. Gw beli tas, dompet ame sandal kulit sebagai tanda kenangan.

Nah di belakang kios pak Tatang (Wafina) ada home industry kerupuk kulit, jadi ini jg langganan gw kalo ke Garut, selalu disempetin beli kerupuk kulit langsung ke dapurnya. Di samping masih fresh tentunya harganya juga jauh lebih murah disbanding di toko. Borong deh…

Kerupuk ini baru digoreng abis shubuh katanya, dan yg diphoto itu sisanya, pagi tadi diborong oleh orang dari Jakarta…bahhh…Harganya Rp 7.000 (kantong kecil), kantong besar Rp. 14.000

Pukul 11.00 cabut dr Garut, tentu isi bensin dulu di Leles. Lalu lintas agak tersendat di daerah apa namanye itu, Kadungora kalo gak salah. Selepas Leles lancar sangat, jadi sepanjang Leles – Nagrek – Cicalengka – Rancaekek – Cileunyi aman lancar jaya, makanya bablas langsung ke RM. Ciganea. Semula pengen mampir makan siang dan sholat di rest area.

F/C 14,6 km/liter dengan jarak tempuh 224,7 km (Garut – Gg.Arus)

CONCLUSION

Kondisi jalan sampai dengan Garut kota sangat baik, titik-titik yg mesti diwaspadai ada sedikit lubang dan kemacetan setelah masuk Rancaekek. Titik kemacetan juga di sekitar pasar daerah Kadungora.

Kondisi jalan Garut s.d pertigaan Pameungpek – Papandayan 70% baik, berarti sisanya itu ada lubang. Masuk jalur Papandayang, rusak berlubang sepanjang jalan s.d pintu masuk Taman Wisata Alam Papandayan.

XP setelah dipasang voltage stabilizer, performance terasa bener, akselerasi meningkat…seberapa besar meningkatnya, kgk bisa gw ukurlah….Tanjakan Cipularang bablas abis….Fuel Consumption kalo menurut gw sih cukup baguslah, berangkat rata-rata 13,5 km/l dan 14,6 km/l saat balek.

NEXT TRIP : Sumedang (perjalanan yg tertunda) dan Papandayan lagi…wakakakaka

Entry filed under: Uncategorized.

Road Trip to Jogja – Guci Terpapar Covid – Omicron

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

February 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Most Recent Posts