Ticket to Umroh – ROHANI WISATA

January 13, 2014 at 4:35 am 1 comment

Ticket to Umroh ngambil dari judul lagu the Beatles “ticket to ride”, ROHANI WISATA ane balek sengaja karena emang niatnye mo umroh baru wisata. Momennye pas banget liburan anak sekolah, dan alhamdulillah semua urusan dan rezeki dimudahkan Alloh SWT. Special moment ini emang udah direncanakan jauh2 hari, bertepatan juga dg ultah keluarga ane. Subhanalloh, dimudahkan jalannye.

Semoga catatan ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan keluarga ane.

Mari simak perjalanannye, berikut photo tentunye.

Sabtu, 21 Des’13

Dimulai perjalanan ke Saudi Arabia.

Berangkat jam 10.00 dari rumah setelah sholat sunnah 2 rakaat via tol Cijago. Tiba dibandara Soetta jam 11.30, lunch di KFC. Penerbangan dengan garuda menuju Kuala Lumpur, transit 1 malam. Pinginya sih ane pas sampai sana makan roti canay + teh tarik, e h teryata…. Tiba di Kuala Lumpur jam 20.00, nginep di hotel Nilai. Ternyata gak bisa makan roti canay, nginep kamarnya juga kecil cuma 1 bed besar, akhirnya ane pake bertiga sama umar dan muflih. Jadi nggak bisa jalan-jalan deh…ya udeh nikmati aje final sepakbola Sea Games INA vs THAI, akhirnya kalah 0 – 1.

Ahad, 22 Desember 2013

Besok pagi check out jam 5.30 waktu Malaysia, sholat subuh di bandara KLIA dan sarapan pagi di sana, sarapan pagi pake roti yang isinya ikan, umar sama muflih doyan banget makan begituan katanya sih enak. Abis itu ane check in semua paspor dan boarding pass diperiksa. Ok istirahat dulu.

Fasilitas Kuala Lumpur International Airport, monorel menarik perhatian anak-anak ane. Keren yeee...

Hana & Fira dg background maket monorel at KLIA

Ini travel yg ane ikut, PT Hijrah Haramain

Ini travel yg ane ikut, PT Hijrah Haramain, at KLIA

Jam 10.00 waktu Malaysia kita berangkat menuju Bangladesh untuk transit lagi. Jam 11.30 waktu Bangladesh ane tiba di Bangladesh seperti perjalanan  sebelumnya, gimana dengan toilet yang ada di bandara, bisa dibilang toilet yang ada di Bangladesh kumuh dan kecil, kotor dah pokoknye. Transit di Bangladesh ini hampir 5 jam. Sambil nunggu, ane sama hana dan fira bareng juga sama Dani cari makan di sekitar bandara eh pas ane tanya ternyata uang rupiah kagak laku di Bangladesh, ya iyelah…ngaco lu. Akhirnya ane beli samosha chicken 12 buah 520 taha (uang Bangladesh) untung di toko itu bisa pake kartu kredit jadi gak ribet harus nukerin duit ane dulu di money changer. Ane beli pop mie made in Vietnam 10RM/10 real, rasnaya sih lumayan juga rempah-rempahnya terasa banget. Begitu ada pengurusan boarding pass, ada masalah dengan tiket ust. Muchtar, ternyata gak ada nama ust. Muchtar , nampaknya sih agen tiket di Hijrah Haramain di Medan salah input nama. Akhrirnya beli tiket kelas bisnis , pinjam uang sana sini. Alhamdullilah akhirnya jadi terbang juga naik pesawat Saudi Airlines, eh pesawatnya transit lagi  Ad-dammam ± 6 jam, transit sebentar gak turun, turunin penumpang doang . Lanjut dari Ad-dammam to Jeddah 1150 km sekitar 1 jam 45 menit. Begitu mendarat di Jeddah, pelayanannya rame banget, padahal saat itu waktu menunjukkan jam 00.00 waktu Jeddah.  Perjalanan dilanjutkan dari Jeddah ke Madinah 5 jam dengan bus, bisnya lumayan dah. Pas banget nyampe di Madinah subuh, ane sholat subuh di mesjid Nabawi. SUBHANALLOH, bangunan yg terindah dan termegah yg pernah ane kunjungi, nggak terasa menetes juga air mata, apalagi saat doa di Raudhoh, salah satu tempat di Mesjid Nabawi yg doa-doanya akan diijabah oleh ALLOH SWT, teringat engkong ane. Subhanallah mesjid nya luar biasa sekali kalau magrib itu atapnya kebuka tapi kalau abis subuh atapnya kuncup kayak bunga.

Halaman mesjid Madinah, ibadah di mesjid ini mendukung sekali lingkungannye, tenang, khusyuk....

Senin, 23 Des’13

Menginap di hotel Al-Mukhtar, sekitar 300 m dari mesjid Madinah. Fasilitas hotel lumayan, hanya handuk tidak disediakan. Catering rasanya kurang, saat jam makan terlalu crawded karena memang banyak sekali jamaah yg menginap di hotel ini. Fasilitas Wi-fi hanya di loby. Suhu di Madinah saat ini sangat sejuk di siang hari, namun malem mencapai 7 dejarat, lumayan dingin.

Lupa bawa kopiah, coba cari info harga kopiah dulu, eee..murah juga juga, kopiah 5 real 3 buah. Pagi ini jadwalnya ziarah ke makam rasul sampai waktu dhuha, dibimbing oleh ustd. Mukhtar ke raudhoh sebelumnya dikasih tahu mimbarnya nabi Muhammad SAW. Jadi raudhoh ini posisinya antara mimbar Rasululloh dg rumah beliau (makan beliau) bersama Aisyah ra. alhamdulillah hari pertama di Madinah ini sudah dua kali ke raudhoh doa’in untuk keluarga dan titipan teman-temen. Abis itu ane nukar uang real, 1 jt rupiah = 305 real. Ba’da asar ada tausiyah dari ustad Muchtar tentang zikir. Magrib- isya di mesjid nabawi sambil nunggu azan isya ane tilawah dulu . Abis sholat isya ane balik ke hotel abis itu makan dan tidur.

Jadi seharian ini full di Mesjid Nabawi dan istirohat.

Dalam mesjid Nabawi bersama Ustadz Mukhtar (tengah) and Dani.

Pintu keluar setelah melewati makam Rasululloh

Mesjid Madinah

Para ibu-ibu dan putri ane di halaman mesjid Nabawi.

Selasa, 24 Des’13

Jam 04.00 ane bangun, abis itu ane ame anak-anak ke menuju mesjid nabawi, sholat tahajud dulu sampai masuk waktu subuh 0 jam 5.38, waktu azan – qomat 20 menit, lama banget ye, ini waktu yg mustajab untuk berdoa bro.  Ba’da subuh ane ke raudhoh dan ziarah ke makam rosul. Lanjut lagi ke makam baqi (pemakaman Utsman ra dan sahabat-sahabat lain). Jam 08.15 berangkat ke mesjid Quba, mesjid yang pertama dibangun oleh rosul. Pahala sholat tahyatul mesjid ini sama dengan umroh.

Mejeng ame Muflih latar belakang mesjid Quba.

Mesjid Quba ini hanya 15 menit dari Madinah, kiri kana jalan lumayan hijau dengan pepohonan kurma. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke jabal Uhud. Jabal Uhud adalah lokasi terjadinya perang dengan orang-orang musyrik dibukit Uhud. Ternyata ke kebun kurma dulu, makan kurma gratis, beli kurma yang di makan rosulullah yaitu kurma azwa. Belanja coklat,kurma,kismis, almond, dll 225 real. Perjalanan selanjutnya ke jabal Uhud tempat sejarang perang uhud. Panjang bukit Uhud ini 7-8 km.

Kesempatan untuk photo keluarga

05_jabal uhud

Latar belakang ini adalah bukit Uhud tempat pasukan pemanah memantau saat terjadi perang Uhud

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke masjid Qiblatain, disebut mesjid Kiblatain karena saat itu saat sholat dhuhur Rasulloh mendapat wahyu untuk mengubah arah kiblat yg semula ke mesjid Al Aqsho diminta utk merubah arah ke Mesjidil Harom atau Kabah. Wisata ruhani sekitar Madinah ini hanya setengah hari, karena waktu dzuhur kembali ke hotel dan sholat di mesjid Nabawi.  Bosan  makan di hotel karena memang menunya buat anak-anak kurang enak, akhirnya mampir di warung curry, jadi lunch pake chicken kare + roti 10 real/porsi rasanya mantabbbb…..makannya dikamar. Abis itu beli baju gamis untuk nenek  dan kakek dibeli parfume.. Ane gak nyangka bisa ketemu  Prof. Riri di halaman mesjid Nabawi . Ba’da ashar  tausyiah tentang manasik umroh, adab rukunnya : Ihram, Thawaf, Sa’i dan Tahalul. Niat (miqot) mulai dari Mesjid Bir Ali, sekitar satu jam dari madinah. Sholat magrib-isya di mesjid nabawi, langsung tidur.

Rabu, 25 Des’13

Jam 04.00 berangkat ke mesjid nabawi, sholat tahajud 2 rakaat, tilawah, ba’da subuh ngga kebayang ke raudhoh, dan padet, jadi cuma ziarah ke makam rosul aja. Pagi sarapan tapi masih lebih enak chicken curry. Siap-siap berangkat ke Mekkah, ngepak barang dan siap dengan pakaian ihram.

Persiapan ihrom menuju miqot di mesjid Bir Ali

Berangkat jam 15.00, miqot di masjid Bir Ali, niat ihram, cuaca udara sudah terasa hangat. Perjalanan Madinah – Mekkah sekitar 6 jam, sepanjang jalan kiri kanan hanya bebatuan. Nyampe di Mekkah jam 10 malem ,heck in di hotel Tharwat. Ane sekamar sama Dani, jadi sekamar berempat ame Umar and Muflih. Setelah naro barang di kamar lanjut dinner, makanannya kurang enak, yg penting ada masuk deh ke perut.  Siap-siap buat thawaf, perjalanan dari hotel ke masjidil Harom sekitar 15 menit jalan kaki, lebh kurang 500 m.

Allahu akbar……Subhanallah….

Thawaf dipandu ustad keliling ka’bah 7 kali bisa sambil liat makam nabi Ibrahim dan dilanjutkan ke safa – marwah setelah itu tahalul. Semua umroh makan waktu sekitar 2 jam balik ke hotel, istirahat tidur jam 02.00 tahalul cuma potong 3 kali, ane gak jadi digundulin, ntar umroh yg berikutnye.

jam 01.30 selesai umroh, latar belakang masjidil harom, bareng Dhani sohib SMA ane.

Rasa lelah hilang....terharu bisa melaksanakan umroh yg kalipertama ini.

Rasa lelah hilang….terharu bisa melaksanakan umroh yg kalipertama ini.

Kamis, 26 Des’13

Bangun jam 05.00 sholat subuh di mesjidil Harom, anak2 pade kecapean, jadi ane bereangkat sendiri. Subhanallah lebih banyak jamaah sholatnya dibandingkan di Mesjid Nabawi, tentunya juga dengan warna kulit, wajah, suku yang berbeda-beda. Nggak bisa bedain tuh ane orang-orang Arab asal timur tengah. Abis sholat shubuh balek ke hotel, ane mampir beli martabak 5 real/bungkus, kalo dari harga sih lebih murah kayaknye ye, tapi rasanye tetep lebih enak yg ane beli di gg. H. Shibi lah. Pagi ini ane istirahat di hotel sampe menjelang dhuhur, isteri ane Uti ame mbahnya umroh yang kedua. Mereka rombongan sewa mobil 140 real/10 org, si Dani lah yg ngatur.  Ane istirahat ame anak-anak di kamar hotel. Setelah mandi dan badan sudah seger, berangkat ke mesjid untuk sholat zhuhur. Abis sholat ada orang Khasmir menghampiri ane, dugaan ane ini feeling selama di Indonesia, kayaknya dia akan minta uang, bener aje, katanya gak punya uang mo ke Madinah bersama anaknye. Ane kasih 200 rb pecahan rupiah, biar die usaha dulu cari money changer. Ane yakin Alloh akan ganti nanti. Abis itu ane beli es krim 3 real/ buah, nikmatnye makan ice cream sambil ngeliat burung merpati yang buaaanyak benerrr….. Balik ke hotel, makan siang. Menunya biasa aja sih. Anak- anak istirahat, sholat ashar balek lagi ke mesjid, sudah rame sekali jamaahnya, barang kali karena besok jum’at hari libur jadi jamaah dari sekitar kota Mekkah berdatangan untuk umroh, begitu masuk pintu masjid, tas ane di geledah, padahal sebelumnya gak pernah. Halaman di luar masjid udah penuh, bertepatan dengan hari kamis, pihak masjid menyerahkan kurma untuk berbuka puasa. Magrib-isya stay di mesjid untuk berdoa dan tilawah qur’an. Makan malam sate ayam, mendinganlah.

Masjidil Harom sedang direnovasi, khususnya untuk trek thawaf, jadi nanti akan ada 3 trek thawaf. Lantai 3 sudah selesai dan sudah bisa digunakan khususnya untuk jamaah yg menggunakan kursi roda, sedangkan lantai 2 masih dalam proses finishing.

Jum’at, 27 Des’13

Jam 04.00 berangkat ke  masjid dengan harapan bisa sholat tahajud dan thawaf, ternyata salah duga, jalan menuju mesjid sudah ramai dengan jamaah, barangkali karena ini hari Jumat dan buat orang Arab adalah hari libur. Karena udah niat untuk thawaf, penuh sesak sempit, biarin aje, Alloh yg akan kasih jalan nanti. Bismillahirahmanirrahim……walaupun belom bisa menyentuh apalagi menyium hajar aswad, paling tidak bisa mencium wangi batu yg ada di rukun yamani, subhanalloh wanginya. Alhamdulillah bisa sholat di Hijir Ismail. Allahu Akbar.

Abis sarapan jam 08.00 ada tausiyah dari ustad Husein tentang ukhuwah islamiah. Yang ane rasakan selama perjalanan umroh muncul juga tuh ukhuwah belanja….. Ditambah juga informasi tentang sidik jari, sekarang dikenal dengan istilah stifin. Ane kurang sepakat dengan hasil stifin ini, apalagi bila sampe dikaitkan dengan profesi. Menurut ane hasil dari stifin itu hanya sebagai parameter karakter buat si empunya yang seharusnya bisa mendukungnya apapun profesinya, jadi kalo hasil stifinnye bersifat “thinking” lantas akan cocok kalo jadi dosen, kagak begitulah analisanye. Semoga nanti ada waktu yg luang untuk diskusi dengan ustadz Husein.

Karena stok pakaian daaml terbatas, mau nggak mau harus nyucilah, terus jemurnye gimane, cari idelah….. jemur aje di pinggir jendela. Hahahaha….

kreatif khan.......

kreatif khan…….

Jam 10.30 berangkat ke mesjid, sudah rame jamaah sholat jumat. Bada sholat jumat lebih luar biasa lagi, jalan keluar rapat banget, udah kayak semut. Gimana pas musim haji ya???… Isitirahat sebentar di hotel, menjelang waktu sholat ashar berangkat ke mesjid. Waktunye emang udah mepet, jadi sholat asharnye  di halaman mesjid doang, itu juga dah penuh banget. Sholat Magrib-isya nonstop di mesjid aja. Jam 21.00 istirahat.

Sabtu, 28 Des’13

Jam 04.00 bangun, mandi dululah biar seger,  jam 05.00 berangkat ke mesjid sholat subuh. Luar biasa….nggak ada sepinya jalan, semua menuju mesjid. Balek dari mesjid seperti biasa sarapan, cuma menunya anak2 kurang suka, ane juga sih. Ya udeh beli pop mie aje dah 3 real/buah. Jam 07.00 berangkat city tour ke jabal Nur, jabal Tsur, dan jabal Rahmah di Arafah. Baru berangkat jam 08.15, ustadz malah muncul belakangan. Tujuan pertama adalah ke jabal tsur, gua tempat rosullullah bersembunyi menghindari dari kejaran orang-orang kafir quraisy, ngga sampe masuk ke goanya sih, hanya bebatuan saja yang terlihat. Berikutnya adalah Arafah tempat wukuf para jamaah haji. Di Arafah ini ada jabal Rahmah, tempat dipertemukannya Siti Hawa dan nabi Adam as saat diturunkan oleh Alloh SWT  ke dunia.

Perjalanan selanjutnya ke jabal Nur, ditempat inilah terdapat gua Hiro, gua tempat Rosululloh menenangkan diri dari hiruk pikuk kota Mekkah dan di gua inilah pertama kali Beliau menerima wahyu. Pengennye sih napak tilas naik ke guanya, sayang nggak diprovide oleh travelnya. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke apa tuh namanye, intinya untuk miqot pake pakaian ihram niat untuk melaksanakan umroh yang kedua. Balik ke hotel makan dan taro tas. Umroh yang kedua ini ane khususkan umroh badal untuk almarhum engkong H. Niih bin H. Shibi, metua Miki binti Midi dibadalkan oleh Umar, dan Mudalih bin Ari dibadalkan oleh Muflih. Alhamdullilah…..semua rukun umroh dipandu oleh ustadz Mukhtar, jadi ane berempat Umar, Muflihdan ustadz Mukhtar terlepas dari rombongan saat thawaf, rame sekali soalnye. Setelah sai Safa – Marwah, rencana mo tahallul di pasar Seng sekalian dibotakin dah…eee..tukang cukurnya tutup. Di dekat pintu keluar Marwah ini terdapat rumah di mana Rasululloh dilahirkan, sekarang rumah tsb dijadikan museum. Sedangkan antara rumah Rasululloh dg Kabah terdapat rumah paman Rasul yg kafir, rumah tsb sekarang dijadikan toilet. Sebelum balek ke hotel cari tukang cukur dulu,  tahallul potong pendek rambut. Ukuran 3 cm ato 1 cm sama aje, kagak ngerti tuh tukang cukur, kagak profesional. Mendingan nanti kalo umroh lagi bawa gunting atau cukuran sendiri aje dah. Abis itu makan roti canay ama kare kambing di halaman mesjid, luar biasa nikmatnye.

Ane pesen 1 cm potong rambutnye, hasilnye kayak gitu, si Muflih 3 cm, hasilnye sama aje ame ane, si Umar kagak mau dibotakin, malu katanye. Ustadz Mukhtar botak abis

Mau tau berape ongkos potong rambutnye ??? ane 10 riyal, si dani 6 kali lipat, hasilnye sama aje.

Minggu, 29 Des’13

Sholat subuh di mesjid. Pagi ini rencana mo  belanja oleh-oleh di supermarket, ada supermarket besar dekat masjidil Haram. Belanja di Ad Dawood supermarket pake kartu kredit habis 348 riyal, beli coklat, kurma dan beli sandal Hana. Sholat zuhur, ajak Hana sama Fira. Abis sholat ashar rencana mau thawaf sekeluarga, ternyata padat dan rame , akhirnya dibatalkan diundur aja waktunya. Balik ke hotel tapi mampir dulu ke KFC, gelo mahal banget 104 riyal. Abis sholat maghrib  Muflih sama Umar niat untuk thawaf, bismillahirahmanirrahim walaupun lebih rame dari siang tadi. Sempet nyium batu yang posisinya 1 sisi sebelum hajar aswad, ada 2 org yang nawarin bantuan untuk mencium hajar Aswad, Muflih ama ane udah bisa masuk barisan, begitu Umar mau masuk ternyata orang tadi manggil pasukannya, ane teringat pesan ustad. Bahwa mereka adalah makelar alias joki hajar Aswad, karena bila kita bisa nyium hajar aswad mereka nanti minta uang ke kita bahkan kita bisa diperas. Akhirnya ane keluar barisan, tapi alhamdullillah masih bisa liat secara jelas hajar aswad. Setelah liat jelas hijr ismail, ane masuk ke wilayah hijr ismail dan alhamdullilah bisa sholat 2 rakaat. Thawaf lumayan nguras tenaga, istirahat sejenak sambil minum zam-zam di masjid. Balik ke hotel nggak makan malem karena kenyang, si umar malah nggak makan.

Ini yang ke sekian kali beli ice cream, cuma 4 riyal.

Senin, 30 Des’13

Sholat tahajud dan subuh di masjid, pagi belanja lagi di Ad Dawood abis 156 real pake kartu kredit. Abis sholat zuhur tuker real lagi 1 jt = 292 real, abis sholat asar beli jagung rebus nunggu magrib sambil makan bareng. Lanjut magrib dan isya di mesjid, balek ke hotel istirohat sekalian ngepak barang.

Selasa, 31 Des’13

Abis sholat subuh thawaf wada. Nggak terasa sudah 5 hari di Masjidil Haram, kerjaannye cuma hotel – mesjid – hotel – mesjid, lupa semua segala urusan di Indonesia, nikmat bener hidup ini.  Check out dari Tharwat hotel pagi jam 9.00, kemudian lanjut  city tour ke Balad market di Jeddah. Berbeda dengan kota Madinah dan Mekkah, kota Jeddah ini terlihat lebih modern, pemandunye bilang bahwa kota Jeddah ini adalah kota internationalnye, semua kedutaan besar negara lain berkantor di Jeddah. Terlihat jelas sekali memang dari bentuk bangunan dan mall nye. Banyak bangunan mewah raja-raja Arab dan orang-orang kaya Arab di Jeddah ini.

Kami dibawa ke centra belanja, buat ane mah kagak menarik. Cuma kaget aje, ternyata banyak makanan khas Indonesia di Balad market ini, ya udeh akhirnye makan mie ayam, bakso, es buah campur dll. Rasanye…kagak enaklah, mendingan bakso si kumis.

Sebelum menuju Jeddah airport, sempet dimampirkan ke mesjid apung di laut Merah. Sebenernya nih mesjid tidak terapung di tengah laut, hanya di pinggir pantai aje, cuma emang saat laut pasang seolah mengapung nih mesjid. Kayaknye kurang terawat, toilet dan tempat wudhunye kurang bersih, ato karena banyak jamaah dari Indonesia yg kurang kebersihannye ???

hehehehehe...gantengan bokapnye ye

hehehehehe…gantengan bokapnye ye

Pantainya lumayan bersih, enak untuk santai bersama keluarga...kapan lagi ya ???

Pantainya lumayan bersih, enak untuk santai bersama keluarga…kapan lagi ya ???

Setelah sholat jama qashar, makan siang di pinggir pantai dan foto-foto. Setelah itu lanjut ke airport Jeddah,  jam 15 waktu Jeddah. Schedulnye pesawat take off jam 18.30, berarti masih ada waktu 3,5 jam di airport, terus ngapain ? ngabisin riyal aje dah….

Alhamdulillah……tepat hari Rabu, 1 Januari 2014 pukul 08.00 mendarat di bandara Soetta, berarti 1 tahun perjalanan dari Jeddah – Jakarta.

Terima kasih ya Alloh ya Rabb atas karunia, rizki, kesempatan, dan semuanya yang telah ENGKAU berikan, semoga kami bisa beribadah lagi di tanah suci.

Entry filed under: Uncategorized.

Knalpot racing ninja rr made in OVERTUNE speed institute Road Trip to Jogja – Guci