Road Trip to Jogja – Guci

February 5, 2022 at 3:08 pm 3 comments

Road Trip to JOGJA – GUCI

11-15 Januari 2022

Prepared by wasabi

Baru sekarang pengen nulis untuk isi blog lagi, setelah sekian tahun blog wasabi di wordpress kagak pernah di-update lagi.

Mumpung sekarang ada bahan ceritaannye, pas deh momen-nye.

Trip ke Jogja dan Guci ini sebenernye ide sesaat, pengen test drive Nissan serena C26 tahun 2014. Kebetulan anak2 juga bisa ikut semua, kecuali Umar yang baru bergabung hari ke-3, karena ada tugas/dinas ke Madiun, jd ketemuan di Jogja.

SELASA, 11 Januari 2022

Berangkat pkl. 05.35, tentu pamitan dengan kedua orang tua doong. Bokap kaget aje, karena ada 2 keluarga yg berangkat trip kali ini, keluarga gw dan adek gw.

Pagi itu kendaraan sudah cukup rame terutama motor, beuhhh…..dah kayak tawon suara knalpotnye, sejak fly over UI – UP – Lenteng Agung – Tj. Barat. Baru terasa lancar setelah masuk Tol JORR. Begitu juga Tol Layang Muhammed Bin Zayed (MBZ), lancar jaya…tapi tetep aje masih ajut2an, malah kadang sampe mental tuh penumpan belakang….wakakaka.

Istirohat di rest area km.130 sekitar pkl. 07.40. Gw order beef ramen kaldu original, eeehhh yg dikasih kaldu tomyam, kurang enak….maklumlah ramen abal-abal.

Duet wasabi : white C26 dan black  XP

Nah…pengalaman nih, padahal dulu waktu pernah berangkat ke Jogja ketar ketir karena setelah rest area km 270 an kagak ada SPBU tuh, baru ada SPBU di rest area km.379. Alhamdulilllah kemarin sebelum berangkat isi full, jadi masih cukuplah sampe di rest area km.379, isi bensin pertamax 350 rb, itung ndiri dah dapat berapa liter tuh pertamax.

Sampe dg km.260 an, kondisi aspal masih ada beberapa titik yang berlubang dan bumping, dan seperti biasa itu para bus luar kota, gw lupa tuh namanya ape aje, kalo gak salah Sindoro, Agra, …mepet di belakang gw terus.

Kaca depan C26 sempet kena pentalan batu kerikil, seisi mobil kaget karena suaranya lumayan keras, apalagi gw driver …..Agak dalem juga tuh luka di kacanya, Alhamdulillah nggak sampe retak sih.

Batu kerikil ini kayaknya pentalan dari lajur sebelah deh,….Agak dalam juga luka di kacanye

Selepas km.260 kondisi aspal mulus standar coranlah, bisa dilaju 120 kpj, tentu dg suspensi yg mumpuni C26 ini, penumpang nyaman2 aje tuh.

Tiba di km.379 kan baru pukul 11.45, tanggung kalo makan siang, anak2 juga belom terasa laper…dilanjutkan perjalanan masuk tol Semarang – Solo, istirohat sholat dan makan siang di rest area km.429, rest area ini diklaim rest area terbaik, kalo gw sih patokannya liat aje toilet nye, tapi memang bersih sih, juga mesjidnya dijaga bener kebersihannye. Makan siang di resto masakan padang.

Selepas beberapa kilometer dari rest area km.429, hujan deras…bersyukur juga karena mesin jadi lebih adem, CVT oil juga lebih adem. Cuaca sebenernya mendung dan gerimis sejak masuk tol Semarang – Solo, alhamdulillah semua tanjakan itu bisa dilahap oleh serena C26. Apalagi mode dipencet ke mode sport, mantablah. Kondisi aspal Semarang – Solo mantab, mulus.

Gw ambil exit toll Kartasura, jadi agak menjauh dikit dari Jogja, karena exit tol Boyolali jalannya berliku2, lewati persawahan dan sempit, mendingan jauhan dikit dah, tapi memang banyak bener lampu merahnya. Oh iye, rencana memang mo mampir dulu ke candi Prambanan. Karena hujan deras akhirnya kagak jadi mampir ke Candi Prambanan.

Pukul 16.22 tiba di Khas Tugu Hotel (dulu namanya Hotel Pesona), jadi total perjalanan sekitar 11 jam dengan jarak tempuh 570 kilometer, fuel consumption 11,4 km/ltr. Kalo menurut gw sih terhitung boros nih C26. Oh iye, kenapa gw pilih hotel Pesona? Karena gw kangen ame lupisnya mbah Satinem, nah die itu jualannya di sebrang hotel Pesona. Dagangannya baru digelar sekitar pukul 05.30, itu orang udeh pade antri.

Kami istirohat di hotel sampe pukul 18.30, lalu kami makan malam di RM Lombok Idjo, lokasinya di sebrang hotel Pesona. Daging empal goreng, sayur asem, telur dicabein, ini menu favorit gw. Sebelumnya gw pernah makan juga di sini dg menu ayam bakar plus lalapan, semuanya pas dan cocok di lidah gw, rekomended lah.

RM Lombok Idjo

Setelah makan malam itu, energy full power, kami jalan kaki ke Malioboro walau cuaca gerimis. Tapi gw nggak ikutan masuk ke jl. Malioboro itu, gw mending ngopi gula aren ame singkong goreng di coffee LOKO, lokasinya setelah nyebrang rel menuju jl. Malioboro, persis ada di sebelah kanan.

Gw suka banget ame singkong gorengnye.

Tentu capek dan lelah alias letih kan, akhirnya kami naek becak motor balek ke hotelnye, itu keponakan gw seneng banget naek itu, ongkosnye 20 rb. Kalo jalan kaki sekitar 15 menit atau 1,2 kilometer lah. Sampe di hotel, mandi air hangat, tidur deh.

RABU, 12 Januari 2022

Setelah anggota tour sarapan di hotel kami trip ke Borobudur. Standar sarapan di hotel, kurang menarik, makanya pukul 05.30 gw dah antri di lapaknya mbah Satinem, gw suka banget ame kue lupisnye.  Gw dapet nomor antri 4, pkl., 05.50 makin bnyk antriannya, sudah sampe nomor 40.

Lapak Mbah Satinem

Pukul 08.30 kami berangkat melakui jalur yg ditunjukin g.maps, jarak tempuh sekitar 37 km, ternyata dikasih jalur yg alternative, aneh2 dah jalurnye, sempet salah jalur, akhirnye harus melewati persawahan yg sempit bngt jalannye, belum lagi ada jalan yg separuh jalan berlubang. Gw gak tau deh daerah mane itu. Butuh waktu 1,5 jam, mestinya sih bisa lebih cepat kalo gak nyasar.

Semula gw mau nunggu aje di parkiran sambil menikmati es kelapa muda, akhir terpaksa ikut masuk, tiket @ 50.000,-. Bener kan, ternyata belum boleh naek ke area candi, hanya di pelatarannye aje. Tapi itu jg udah lumayan jalannye, akhirnye baleknya naek delman….Nah ini nih yg yg bikin gw kgk demen, ternyata begitu pintu exit, kita diputerin dulu tuh ke area pertokoan souvenir, lumayan juga, jalurnye kayak ular gitu, belom pedagang2 yg nawarin barang dagangannye, bikin kagak nyaman dah.

Jalur ke Borobudur ini melewati RM Jejamuran, jadi makan siangnye di jejamuran itu, gw setiap ke Jogja selalu mampir ke jejamuran, tentu loe pade dah bisa nebak khan, ini makan favorit gw : sate jamur, tongseng jamur, rending jamur, tambah minumnya soda susu…beuuhhh…murah juga untuk 9 orng ( 6 dewasa dan 3 anak2) cuma 496.000.

Setelah dari jejamuran, kami lanjut ke ice cream gelato taman siswa, padahal suasana hujan, gak cocok sebenernya ice cream ini, tapi itu pengunjungnye luar biasa, parkir itu sampe di bahu jalan. Gw nggak ceritainlah ice cream ini, buat gw kagak menarik, kuliner Jogja kok ice cream…halah…

Kami kembali ke hotel, istirahat sejenak, lalu makan malam cobain angkringan goreng petruk yang berada di depan kantor “Kedaulatan Rakjat”. Kayaknye kantor koran dulunya itu. Ueenak tenan cak, ini yg namanya kulineran Jogja, murah pula. Gw nambah tahu bacem ame sate usus. Asli nih enak, cocok banget dah di lidah gw. Nasi kucing teri pete sambal ijo, rempela, sate usus, tahu bacem….uenak tenan lah.

Balek ke hotel istirohat.

Angkringan Goreng Petruk

KAMIS, 13 Januari 2022

Pukul 07.30 kami berangkat dari hotel ke gunung Merapi, patokan google maps, dikasih bukan jalur utama, tapi nanti ketemu juga dg jl. Kaliurang itu. Nggak sampe 1 jam kami sudah tiba di rental jeep MJAK, malam sebelumnya sudah booking via mas Popo yg kebetulan gw kenal, dia ini punya biro tour lah di Jogja. Untung gw dah booking2 jeep, karena pas gw tiba di basecamp jeep itu, datang juga rombobongan 2 bus pariwisata. Owner MJAK ini mas Jawir namanye, gw rekomen dah kalo mo lava tour merapi pake jasa jeepnya MJAK. Buuanyak bngt jeepnye. Drivernya juga OK.

Sebetulnya gw dah beberapa kali naek jeep lava tour, tapi kali ini karena ada objek baru, jadi tertarik, apa itu ? Stonehenge dan Lost world Castle, ternyata cuma tiru2annya aje, yaa..akhirnya photo2 aje di situ, gw liat ada juga sih yg take photo buat prewedding. Tiket masuk Stonehenge 15 rb dan lost castle 35 rb, buat gw yg udeh ubanan gini kagak menarik sih. Kemudian lanjut ke museum merapi, bunker kaliadem, dan terakhir ke rumah mbah Marijan (alm). Sewa jeep @ 450.000 untuk route yg gw tulis itu ye, karena tariff tergantung routenya. Gw nggak ambil track yg melewati sungai itu, karena ada keponakan gw yg masih kecil, khawatir aje. Total lava tour merapi ini sekitar 2,5 jam deh.

Selepas dari lava tour kami lanjut makan siang di RM Raminten. Ini kali pertama gw makan di sini, menu standar ya ada ayam goreng, ayam bakar, cumi, dll dah., Oh iye gw cuma minum es dawet doang di raminten ini, karena pas lava tour, setiap berhenti itu gw ngemil, jahe dan siomay, jadi masih kenyanglah. RM Raminten ini lokasinya di Jl.kaliurang km.14,5. Gw cobain sih beberapa menu yg dipesen anak2, buat gw biasa aje, masih kalah enak ame RM Lombok Idjo. Es dawetnya juga kurang enak sih menurut gw.

Jogja, itu kagak aci kalo kagak ke pusat dagagu di Jogjatorium, apalagi kalo bukan kaos dagadu. Gw sih kagak beli, tapi anak2 tuh suka ame tuh kaos, memang kualitasnya juga OK sih, bedalah ame yg dijual di Malioboro. Lokasinya di mane sih? Ahh elo cek aje deh google maps.

Sore kami kembali ke hotel istirahat sejenak.

Makan malam di lesehan Malioboro, karena sekalian jemput anak di st. Tugu, dia berangkat dari Madiun pkl. 17.30, tiba di stasiun Tugu pkl. 19.40, abis itu kami makan malam di lesehan Malioboro. Gw merasa kurang nyaman makan lesehan Malioboro ini, pertama masalah higienis, kedua bnyk bngt pengamen dan orng jualan yg nawarin barangnya saat kita sedang makan, juga maaf pengemis. Makanannya juga gw kagak cocok, gw makan gudeg komplit, masih kalah jauh disbanding gudegnya Hj.Amad, ini gudeg favorit gw.

Oh iya, gw baru tau dari mas Popo, ternyata kalo kita mo parkir di stasiun Tugu, itu ada parkiran di pintu Selatan, jadi elo arahin aje tuh g.maps nya ke Pintu Selatan. Nah pas gw mo parkir kea rah pintu Selatan, eeehh ternyata di depan stasiun itu ada parkiran di bahu jalan, illegal sebenernye, ada premannye, daripada jalan jauh akhirnya gw parkir di situ aje, tentu elo mesti keluarin kocek 20.000, bisa parkir ampe dini hari tuh.

JUMAT, 14 Januari 2021

Anak2 sarapan di hotel, gw ame adek gw sarapan di gudeg Hj.Amad yg deket UGM itu, rencana sekalian mo beli gudeg utk oleh2. Karena gw mo mampir ke Guci, bakalan basi, gak tahan lama, akhirnya tuh gudeg kirim via paket ke Jakarta, kirim Jumat sore dan sabtu sore sampe Jakarta.

Target terakhir gw di Jogja itu adalah mo tau jalan Sayidan, itu lho…salah satu judul lagu grup reggae ShaggyDog, “Sayidan”. Alhamdulillah ketemu tuh, keponakan gw seneng banget, kita photo2lah di gapura yg mirip benteng itu, bertuliskan di atasnya SAYIDAN, persis di jembatan SAYIDAN kecamatan Gondomanan. Puas…..

Bila kau datang dari selatan, langsung saja menuju Gondomanan

Belok kanan sebelum perempatan, teman2 riang menunggu di Sayidan….(lirik Sayidan)

Pukul 09.30 kami check out hotel, mengawali kembali perjalanan menuju GUCI – TEGAL. Kami pilih jalur selatan via jalan Daendles.

Kawans….Jalur Jogja-Guci gw patokan google maps, semula masuk jl. Daendles, mantab tenan mulus dan lurus bisa dipacu 100 kpj. Kami mampir makan siang di sate ambal H. Tino, lokasinya di jalur Daendles itu, ada rest area bertuliskan Sate H. Tino, gampang kok ketemunya, karena sejak berkilo2 meter sudah banyak tuh reklamenye. Gw order sate kambing, sate ayam es kelapa muda, nggak seenak yg diceritakan, biasa aje malah kgk cocok di lidah gw tuh satenye. Kagak rekomen dah, apalagi kalo dibandingin ame sate kambing muda Wendys Tegal, beuhhh…ntar gw cerita di bawah ye.

Rest area Sate ambal H. Tino (jalur Dandles – Kebumen)

Jalur Kebumen-Gombong msh bnyk berlubang, gw kesel bngt nih ame google maps. Barangkali route yg dikasih tau ini route alternative.

Ini jalur Jogja – Guci rekomendasi G.maps, naek turun gunung 2x…

Masuk jalur Banjarnegara mulai deh nanjak, beuhhh hujan pula. Alhamdulillah bisa dilewati walau dada berdebar2. Mirip2 jalur Cikidang dan Ciletuh deh.

Masuk Purbalingga rehat sejenak…Nah begitu petunjuk masuk jalur pendakian gn. Slamet…ini yg sport jantung, matikan AC buka kaca sambil menghirup udara segar…Ada tanjakan curam terus belok, ada juga tanjakan gak terlalu curam tapi panjang, luar biasa dah nih jalur…ajibbb. Gw selalu pake gigi “L”, itu mode terendah yang ada di matic C26. Kalo pas nanjak alarm pintu gw selalu bunyi, kenapa ya, apa karena terlau curam. Sebaiknya kalo kawans lewat jalur ini sebaiknya jangan sendiri dah. Pastikan kondisi kendaraan (mobil atau motor) juga fit dan sehat, siapkan ban serep dan pastikan tekanan anginnya standar. Adek gw di jalur ini kena paku 2 biji. Di beberapa titik saat jalan menurun masih ada jalan yg berlubang, mungkin akan lebih berbahaya kalo jalan malam hari, pastikan lampunya terang benderang dah. Oh iya, jangan lupa kawans, senantiasa berdoa ya, apalagi kita memasuki daerah yg asing buat kita.

Alhamdulillah tiba jg di Guci disambut kabut tebal sekitar pukul 18.00. Begitu masuk objek wisata (OW) Guci juga jalannya menanjak, tapi nggak terlalu curam lah. Masuk area OW ada tiket masuk retribusi 9.400/orang dan kendaraan mobil 2.000. Murah sih ye, tapi gw tuh 6 orang plus mobil, petugasnya langsung bilang 49.000, lhaa….salah atau males ngitung die, akhirnya gw kasih aje deh gocap.

Grand Mega Guci Hotel, ini penginapan gw atas rekomendasi temen. Saat gw check out, baru ketemu ownernya, ternyata ibu itu, bu Kartono adalah seorang guru SMA 29 Jakarta, mobilnye kyknye mercy yg parkir di depan hotel. Gw sewa (katanya vila) dg tarif 1.050.000/malam 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dengan fasilitas kolam renang air panas, tapi nggak tersedia handuk. Perlengkapan masak sudah tersedia. Oh iya, mestinya gw gak dapat breakfast, tapi pagi2 dianterin tuh nasi goreng, bihun goreng, telur dadar, kerupuk, dan the tawar ke vila.

Malam itu gw mo makan kan, ternyata agak susah cari tempat makan, sebagian besar dah tutup, untung masih ada tukang nasi goreng, dan sebelahnya indomaret, dah diduga pasti akan beli pop mie …wakakaka. Gw order nasi goreng pete, lumayan sih….pas lapar dan cuaca dingin, hujan gerimis, paling pas dah makan nasi goreng. Kami makan 8 orang dewasa dan 2 anak2 cuma 300 rb tuh.

View taman wisata air panas – GUCI (pukul 05.30 WIB)

Kolam air panas Grand Mega Guci

Saat pagi tiba, baru gw liat sekeliling, ternyata area penginapan sekitar OW Guci ini tidak tertata dengan baik, berantakan gitu, beda saat malam gw tiba, itu hanya lampu yg terang benderang terlihat.

Di penginapan gw juga gak rame, selain gw kyknya ada 1 keluarga lagi deh. Area kolam renang juga tidak terawat, masih banyak terlihat lumut. Tapi lumayanlah berendam air panas itu, serasa milik pribadi, karena kgk ada orang laen selain keluarga kami.

Udara pagi itu sejuk sekali, mengingatkan gw saat musim semi di Fukuoka, hadeuhhh….

Setelah menghabiskan nasi dan bihun goreng serta sisa pop mie, pukul 09.30 kami lanjutkan perjalan menuju Tegal, targetnya sate kambing Wendys Tegal, sambil berharap ketemu duren di tengah perjalanan, karena gw dah janji ame keponakan akan makan duren. Ketemu sih duren di pinggir jalan, tapi parkirnya agak susah, akhirnye sampe Tegal kagak nemu duren lagi.

Wendys Sate kambing Tegal gw rekomen dah bagi kawans yg suatu saat lewat Tegal. Nah sekrang ternyata ada 2 tuh Wendys, gw jga bingung, karena melalui g.maps diarahin ke sate Wendys yg bukan dulu gw kunjungin saat balek turing dg S2W dari Temanggung. Ternyata itu cabangnye, yg dikelola atau jadi milik anaknya. Gw cari Wendys yg milik bokapnya, gak jauh jg sebenernya, daerah situ2 juga.

Sop kambing dan sate kambing Wendys TEGAL

Keponakan gw nagih duren lagi, akhirnya gw searching duren sekitar Cirebon, ternyata ada objek wisata kebun durian dan kopi duren montong….gasssss, keluar exit Plumbon, via g.maps hanya sekitar 13 km dari exit Plumbon itu, namanya wisata durian “Kampung Sabin”. Sebenernya gampang aja tuh lokasinya, tapi gw nyasar 2 kali gara2 g.maps itu, disuruh lewat jalur sempit atau gang yg sempitlah.

Lokasi Kampung Sabin ini ternyata baru 1 tahun, area parkir aje masih berbatuan gitu, hati2 kalo parkir, khawatir ada batu yg runcing bisa tembus ban.

Tersedia durian Palembang (60.000/kg) dan durian “BAWOR” (160.000/kg). Gw harus coba nih durian bawor itu, cukup 1 butir aje, terus sisanya durian Palembang…wakakaka, rasanya OK banget, rekomen dah, walau agak mahal dikit ya. Lain kali gw pengen ke sini lagi, mau coba kopi duren montong nye. Kemarin itu kgk sempet cobain karena sudah sore juga, sebenernya dia buka sampe jam 22.00 sih. Parkir mobil 5.000 aje, sudah menggunakan gate otomatis pada pintu masuknya, jadi kagak ada petugasnye, keren ye, padahal area parkirnye masih berbatuan. Tapi bayarnya belom bisa pake e-money, jadi harus siapin uang cash.

Oh iye…gw perhatiin, di area wisata durian ini malah banyak pengunjung ibu-ibu, sebelah meja gw itu rame banget candaannye, gw sempet nguping…”yg belah duren tuh laki2…masa cewek”….wakakaka gw ketawa dalam ati. Untuk objek photo2 juga lumayan sih.

Kampung Sabin – Wisata Kebun Durian Cirebon

Durian Bawor

OK…gw rasa berakhir sudah ceritaan trip gw ini, setelah dari Cirebon itu gw istirahat makan dan sholat di rest area km.102, lalu lanjut lagi perjalanannya Alhamdulillah lancer sampe rumah pukul 22.00.

TESTIMONI C26

Serena C26 HWS 2014 baru gw dapet Oktober 2021, pemilik sebelumnya sih keliatannya apik dg nih mobil dan maintenance-nye ter-record dg baik. Gw browsing testimoni C26 di  youtube, termasuk gw tanya juga ke kawan gw si Ibob pemilik C26 putih itu, salah satu problemnya adalah suhu oil CVT yg tinggi membuat power C26 ini drop, kagak kuat nanjak. Terus gimane dong gw tau suhu oil CVT itu ? By googling gw dapat info, beli OBD (On-Board Diagnostics) scanner. Buuanyak bener tuh OBD scanner, gw beli tipe di bawah ini, tentu gw beli online lah.

OBD scanner, gw bukan iklanin ini product ye, malah gw mo beli lagi merk laen –> photo deleted

Setelah gw pasang di C26 dan download apps-nya, gw malah was-was, nanti kalo overheat gimane doong ??? Selama perjalanan di tol gw nggak monitor tuh suhu oil CVT, pas perjalanan di Jogja baru gw idupin tuh aplikasinya.

Screenshot temp.CVT, kondisi mobil berhenti, makanye ada tanda (-) di power engine. –> deleted

Suhu di atas 90 oC, maka sudah masuk katagori HOT

Jadi setelah gw tau bahwa suhu di atas 90 oC itu masuk katagori HOT, abis itu gw matiin tuh apps-nye, wakakakaka….Daripada was was dan bikin ragu injek gas, Alhamdulillah perjalanan Jogja – Guci – Jakarta aman2 aje tuh C26.

Total perjalanan 1.324,7 kilometer dengan fuel consumption 9,8 km.liter. Gw pake pertamax, jadi elo itung sendiri deh berapa rupiah buat bensinnya. Buat gw sih terhitung boros nih C26. Tapi gak masalah, karena gw bnyk dapat kenyaman di C26 ini. Setelah trip Jogja – Guci gw udeh agak faham dg karakter C26, terutama saat jalan nanjak, dan jangan berharap elo dapat akselerasi seperti XP, memang yg dibutuhkan C26 ini adalah kenyamanan untuk kendaraan keluarga. Next trip Sumedang insya Alloh.

Wassalam

Trip Jakarta – Jogja – Guci – Jakarta, 11-15 Januari 2022

Entry filed under: Touring (Ryoko). Tags: .

Ticket to Umroh – ROHANI WISATA Road Trip to Papandayan – Garut

3 Comments Add your own

  • 1. Rizky  |  February 6, 2022 at 3:56 am

    Pak imansyah, Alhamdulillah udah update lagi ya pak blog nya.
    Oh iya, saya murid pak iman dulu nih, PI2009.

    Untuk serena c26, kebetulan saya juga pakai.

    Nah masalah nanjak2an nih, saya atasin dengan ganti filter udara yang flow nya lebih tinggi (misal: fer**x, K&N), resiko memang harus sering dibersihkan, biasanya saya bersihkan tiap 5rb km.

    High flow filter itu kalau di saya nggak terlalu ngaruh sama FC (luar kota 1:11-14, dalkot 1:8-9.5 dengan catatan bensin saya isi VIVO ron 89 hehehe) tapi tenaga lebih responsif aja.

    untuk cvt, saya ganti tiap 40k km, Pak. Ngeri juga kalau ikut buku nya nissan di angka 100k km.

    Reply
    • 2. imansyah88  |  February 6, 2022 at 3:33 pm

      Wahhh…surprise, thanks Rizky, gmne ceritanya bisa visit ke blog sy? Filter sy dah pake f*r***x, kapan2 diskusi ttg serena ya, sy baru pake ini Oktober 2021.

      Reply
      • 3. Rizky  |  February 7, 2022 at 1:50 am

        hehe saya follow dari jaman kuliah dulu,pak. Pak Iman pernah nulis di papan tulis pas jaman matkul kalkulus, 13 tahun lalu.

        Udah manteb itu pak ferr**, tarikan lebih ngejambak dibanding yang std.
        Aman pak, semoga enjoy pemakaian nya. Overall,oke kok pak,nggak rewel.

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

February 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Most Recent Posts