Geopark – Ciletuh SUKABUMI (4x)

February 7, 2022 at 4:05 pm Leave a comment

prepared by Wasabi

Apa yg membuat gw tertarik dengan Geopark Ciletuh itu ? Pantai ?…gw gak terlalu suka dengan pantai….panas…gersang. Padahal sampai dg saat ini gw udeh 4 x touring ke Ciletuh, semuanya pake motor. Jaraknya sekitar 160 km dari Jakarta (rumah gw), bisa ditempuh dg waktu sekitar 5-6 jam lah. Touring itu yg gw nikmati perjalanannye, tentu kulinerannya jg dong ya. Itu yg bikin gw lagi…lagi…dan lagi ke Ciletuh.

First Time Touring ke Geopark Ciletuh Sukabumi, jumpa Iqbal kawan SMA gw…sohib bngtlah, 27-28 Oktober 2018

Route yg biasa gw lewati, karena berangkat tuh selalu pagi, tentu dari Jl. Margonda Raya – Jl. Juanda – Jl. Raya Bogor. Dari Bogor masuk jalur jl. raya Bogor – Sukabumi, keseringan lewat sini, tapi pernah juga lewat Batu Tulis – Cijeruk lewatin durian warso itu lho…tembus nanti di deket Cigombong kalo gak salah ye.

Selalu terjadi kemacetan itu begitu masuk Pasar Cicurug, kagak kenal jam di situ mah, lalu di pertigaan Cidahu, kadang juga begitu masuk Parung Kuda. Nah….setelah Parung Kuda itu, selalu lewat jalur Cikidang, ini jalur yg nggak bikin bosen touring. Begitu masuk jalur Cikidang, mo istirohat dulu ngopi2 di sekitar itu banyak warung kopi. Gw biasa sih ngopi dulu….karena jalur Cikidang itu sekitar 40 km, sampe nanti di pertigaan Palabuhan Ratu. Jalur Cikidang aspalnya lumayan bagus, walaupun tidak banyak lubang, tapi aspalnye rada keriting…so..80% kualitas jalan baguslah, apalagi setelah masuk perkebunan sawit dan hutan2 itu…….beuhhh, jalan nanjak langsung belok dan sebaliknya, kawan2 biker pecinta cornering suka banget ame jalur Cikidang ini. Jalurnye meliuk-liuk ekstrim, gw saranin makanya kalo masuk jalur Cikidang jangan malem hari, gak papa sih….kalo udeh hapal mah, ngeri….begitu nanjak terus belok, kyk ciluk baaaa….Terakhir gw ke Ciletuh, pas baleknye tuh malem….2x gw keluar aspal….untung kagak sampe gelosor….

Setelah memacu adrenalin di jalur Cikidang, biasanya gw istirohat di Tamansari Palabuhan Ratu setelah pertigaan Palabuhan Ratu, sekalian isi bensin lah, atau sarapan bubur ayam juga ada di pinggir jalan situ.

Ini rombongan kawan2 karyawan Departemen Teknik Mesin, 22-23 Agustus 2020. Gw ajak anak gw Muflih
Burgman berdua dg Ninja 250 nye Asep RRO2 S2W, gw minta temenin jalan duluan, pokoknye sebelumnya jam 09.00 mesti dah sampe sini, karena saat itu Sabtu (12 September 2021) pagi gw ada webinar. Sambil webinar sarapan bubur ayam sekalian nunggu kawan2 yg lain. Enjoy khan…..wakakakaka

Jarak dari Palabuhan Ratu ke Ciletuh sekitar 50 km. Jalur Cikidang ini yg membuat gw tertarik, apalagi kagak ada kemacetan, kecuali ada truk mogok…ini yg pertama, yg kedua jalur Loji – Ciletuh…..beuhhhhh, ajibbbbb…..jalur Loji itu, meliuk-liuk, dengan pemandangan pantai yg indah…aspal mulus abis…. Sulit dilukiskan dg kata-kata lah…cobain aje deh. Spot yg menarik sebelum masuk ke Geopark Ciletuh, biasanya kita photo2 dulu di Puncak Darma.

Puncak Darma, 22 Agustus 2020, rombongan karyawan Departemen Teknik Mesin

Oh iye, untuk penginapan sekarang sih dah banyak sepanjang pantai deket Geopark, tapi gw selalu nginap di rumah warga di perkampungan deket Geopark itu, mereka menyediakan rumah atau kamar untuk dijadikan homestay, biasanya sekalian nyiapin makan. Seinget gw untuk makan itu tarifnya Rp 20.000/orng untuk sekali makan. Jadi menyatulah dengan warga, cuma memang kadang ada aje tuh nawarin jasa pijit….pijit beneran bro….bukan plus plus…wakakaka.

Spot atau objek wisata selain pantai Geopark itu, banyak sekitar itu air terjun. Yang paling deket dg penginapan gw atau Geopark itu ada air terjun atau curug Cimarinjung, tarif masuknya lupa…goceng ape ceban ye…Parkir motor luas, jalan ke curugnya jg kgk jauh…sepanjang jalan ada warung yg jualan gorengan ame es kelapa muda.

Nah kalo mo spot yg jauhan itu ada bebatuan yg motif batik, aduhhh..gw lupa apa namanya, tapi kite mesti naek perahu. sambil naek perahu, kite bisa berenang ame lumba-lumba tuh, kalo pas nasib ketemu lumba-lumba ye. Perahunya jangan perahu pariwisata, tapi perahu nelayan yg baru pulang melaut, setelah perahu bongkar muat ikan, kan nganggur tuh perahunya, sewa deh….deket Geopark itu ada tempat pelelangan ikan, nah dari situ kite naek perahunye.

Balek dari Ciletuh enaknya setelah sholat dzuhur dan makan siang, jadi begitu masuk jalur Cikidang masih cukup terang. Keluar jalur Cikidang maghrib, bisa istirohat sholat atau laju sampe Cigombong, deket exit tol Bocimi Cigombong itu ada sate Maranggi…..ajib.

Atau kalau balek pagi dari Ciletuh, laju aje terus, setelah Cigombong masuk jalur Cijeruk (jalur alternatif), yg lewat durian warso itu lho, nanti sebelum Batu Tulis ada warung laksa….beuhhh…uenak tenan, usahakan sampe situ sebelum pkl. 17.00, sore biasanya dah abis tuh laksa.

Oh iye, aspal jalur Sukabumi – Bogor bergelombang ye…banyak bener…ati2 deh apalagi kalo hujan. Cikidang-Parung Kuda-Cidahu itu aspalnye bergelombang sangat….

Salam satu aspal.

wassalam,

Entry filed under: Uncategorized.

Touring S2W to Temanggung Traveling to JAPAN

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

February 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Most Recent Posts