Archive for February 10, 2009

As-Kes Syariah Mubarokah – kali ini rawat gigi

Kali ini ane mo berbagi pengalaman menggunakan asuransi mubarokah untuk rawat gigi.

Mulanya anak ane yang bungsu si Fira, gigi gerahamnye keropos semua, tapi emang masih gigi susu semua. Biar gigi aslinye nanti tumbuh dengan baik, isteri minta untuk dicabut aje. Ok-lah sekarang khan udeh ade asuransi mubarokah, sekalian aje kita coba kehandalannya. Cek di buku panduan mubarokah, ternyata RS Graha Permata Ibu (RS GPI) yang berada Kukusan itu ada poli giginye, isteri telpon nanyain kapan jam buka praktek poli gigi itu.

Senin 2 Februari ane sekeluarga ke RS GPI, semua anak diboyong. Agak repot menuju ke rumah sakit ini, karena kalo pake mobil harus muter dulu ke Kalibata Srengseng, ngelewatin rumah pak Ahmad Indra. Tapi gak apa-apalah, toh jalan juga nggak terlalu macet. Sampai di rumah sakit langsung ke meja registrasi sambil nunjukin kartu asuransi, mereka ternyata sudah familiar dengan medipro ini. Tibalah saatnye untuk menunggu dokter…anak-anak nggak betah diem, untung di seberang rumah sakit ade alpamart, lumayan ade cemilan buat nyumpel mulut anak-anak, kecuali Fira ame Hana karena harus periksa gigi jadi harus bersih mulutnye. Ane liat di daftar dokter yang praktek, ternyata hampir setiap hari ade prakter dokter gigi, yang jelas setiap Senin dokter giginye cewek. Kalo gitu isteri ane aje yang dampingin anak-anak ke ruang prakteknye. Si bungsu Fira berhasil dicabut gigi gerahamnye, dan si Hana ditambal sementara gerahamnye, dokternye belom berani untuk mencabut geraham Hana karena harus konsultasi dulu ke bagian syaraf….ya khan…emang kalo ke dokter gigi itu kagak bisa sekali….atas saran dokter itu si Hana mesti dateng lagi hari Jumat untuk cek syaraf di giginye, tentunya dengan dokter gigi juga yang ahli syaraf. Sekarang tiba saatnye duduk manis di depan kasir, agak lama juga prosesnye…Kaget juga ternyata kartu asuransi mubarokah Fira tidak bisa diakses, dan penjelasan petugas di kasir juga nggak jelas, akses kartu ditolak atau tidak di-cover oleh asuransi ? Kalo liat di buku panduan, mestinye untuk perawatan dasar gigi termasuk cabut gigi di-cover oleh asuransi. Udehlah ane kagak mau berdebat, bayar aje pake uang cash sekitar Rp 115.000, ntar diklaim aje. Sementara si Hana full di-cover asuransi.

Hari Jumat 6 Februari ditelpon dari rumah sakit GPI, ane udeh dibooking waktu untuk ketemu dokter gigi ahli syaraf pukul 17.00 tepat. Karena katanye dokternye disiplin dengan waktu, kalo dateng di luar jam itu akan ditolak. Kali ini sekalian cek gigi si  Umar. Yeee..ngomong doang, udeh jam 17.15 belom dateng tuch dokter. Beli cemilan lagi dech di alpamart. Umar setelah dicek giginye ternyata bagus, nggak ade bolongnye, cuma tumbuhnye nggak rata, dokter nyaranin untuk pasang kawat gigi lalu tanya ke temen isteri yang dokter gigi biayanya sekitar 6-8 juta dan perawatan selama 1 tahun…alamakkkkk…..Sedangkan si Hana, dokter kasih rekomendasi untuk dicabut gerahamnye, heran….kenape nggak langsung dicabut aje sich ??? ente khan dokter gigi juga ??? kalo gini khan mesti bolak balik ke rumah sakit. Ade kode etik kali yee..sesama dokter gigi nggak boleh saling cabut gigi …wakakakakaka….Kali ini gratis, semua di-cover oleh asuransi.

Senin 9 Februari 09 cuma ane berdua Hana yang ke RS GPI, karena isteri mesti drill si Umar untuk persiapan try out. Kalo berdua enak juga, karena bisa pake motor smash lewat UI, paling cuma 10 menit. Ane sekalian juga deh tambal gigi, udeh lebih dari 6 bulan tambalan gigi ane lepas, sekarang ane mo pasang lagi, dokter bilang tambalan ane itu namanye “inlay” bahannye dari logam, jadi kalo bisa pake yang itu aje, nggak usah pasang baru.

Hana sedang dicabut gigi gerahamnye....dijahit juga tuch isitnye...buat nyabut gigi, si dokter butuh waktu lama, alasannye giginye udeh keropos....9 Feb 09

Hana sedang dicabut gigi gerahamnye....dijahit juga tuch isitnye...buat nyabut gigi, si dokter butuh waktu lama, alasannye giginye udeh keropos....9 Feb 09

Nih sebenarnye kritik ane buat nih dokter, selama proses pencabutan gigi geraham Hana, tuh dokter sms-an mlulu….sebel ane….ade waktu jeda sebentar die sms-an. Terus ruang prakteknye kalo menurut ane dipasang TV di langit-langit, jadi pasien gigi apalagi anak-anak bisa sambil nonton TV, bukan diputerin musik…Tambalan gigi ane ternyata udeh nggak bisa masuk lagi, maksudnye nggak klop, posisi giginye kayaknye udeh berubah….bakalan balik lagi nih ke dokter gigi. Inlay ane akan diproses dulu di laboratorium, butuh waktu kira-kira seminggu….lagi-lagi pokoknye kalo ke dokter gigi kagak bisa sekali….Setelah nunggu lama di kasir, alhamdulillah kagak bayar alias di-cover semua ame asuransi…..ane Rp 173.000, Hana Rp 250.000-an (sudah termasuk obat).

Info aje nih, 4 buah klaim ane yang dimasukan sebelum kartu jadi, baru 1 yang di-reimburse. Sudah ane hubungi pak Hamzah dari mubarokah untuk dilacak, tapi sampai hari ini belom ade kabarnye…..

February 10, 2009 at 4:01 am 3 comments


Calendar

February 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Posts by Month

Posts by Category