Lawatan Kedua ke UTHM Johor Malaysia

August 10, 2010 at 3:11 am Leave a comment

Ini tulisan lawatan kedua ke UTHM Johor Malaysia bulan Maret – April lalu, baru sempet di-upload, tapi nggak basi ni cerite. Sementara ini ane sekarang sedang berada di UTHM, jadi bakal keluar lage nanti cerite lawatan ketige.

Lawatan Kedua ke UTHM

Ahad, 21 Maret 2010

Berangkat pukul 05.30 untuk ngejar pesawat 08.30 Lion Air. Masih banyak waktu, telpon-telponan ame anak-anak apalagi pake esia. Bete banget pergi sendirian. Pesawat ontime, penerbangan 1,5 jam. Tiba di Changi airport gak ade masalah di imigrasi lancer-lancar aje, barangkali di paspor itu udeh banyak stempel  kunjungan ke Singapore. Pagi belom sempet sarapan, jadi sekalian ame lunch di canteen staf airport, makan nasi padang, biasa aje tuch rasanya, mahal udeh pasti. Route yang diberikan pak Muhaimin ternyata kurang jelas, kagak ade stasiun MRT yang namanye Queen St.,  ane kontak Edi, ternyata harus turun di Bugis St. , dari sini juga agak bingung nyari tuch bus terminal, setelah jalan pusing2 baru ane tanya, yalahh…ternyata deket dengan Bugis St. Supirnye kagak bersahabat ditanya cuma ngejawab pake tangan doang, dasar loe ! GW udeh beli tiket nih 2,4 dolar, reseh loe ! Sekitar 30 menit sampe di Woodland, naik pake escalator ke imigrasi Singapore, cepet sich urusannye, tapi turun naek tangga itu yang ribet apalagi ane bawa koper. Bus udeh nunggu di bawah, naek tuch bus lagi nyebrang laut masuk ke wilayah Malaysia Kota Raya kalo gak salah namanye, turun bus lagi, naek tangga lagi ke imigrasi Malaysia, ni agak lama urusannye karena harus ngisi form dulu, akhirnye ketinggalan ame tuh bus, terpaksa nunggu 30 menitanlah. Perjalanan ke terminal bus Larkin nggak terlalu lama sekitar 15 menitlah. Cari bus tujuan Batu Pahat, tanya ke counter 10,65 RM, bus berangkat pukul 16.00 jadi agak lama juga nunggunya, ketemu ame Jito, wong Solo yang kerja di Malaysia di pengilangan, udeh 2 tahun die bekerja di Malaysia. Alhamdulillah ketemu dengan Jito, minta tolong sms pak Muhaimin agar jemput saya di gerbang UTHM, karena pulsa ane abizzzz…..tadi si Edi telpon kena roaming. Perjalanan nggak sampe 2 jam, diiringi gerimis ane nunggu di halte UTHM, nggak lamalah pak Muhaimin jemput. Akhirnye malam itu bermalam di rumah pak Tatang, die udeh 10 tahun di Malaysia, tahun lalu keluarganya pulang ke Bandung, jadi sendirilah dia sekarang. Dinner dulu dengan ayam penyet, tuch ayam ulet banget, ayam kampong Malaysia kale yee…

Senin pagi sarapan dengan pak Tatang, roti canay itulah, lumayanlah…tapi lemak sangatlah. Ternyata ada miskomunikasi masalah penginapan, mestinya ane menghubungi fakulti untuk menyiapkan dormitory buat ane bukan minta tolong ke pak Muhaimin. Ane hubungi pak Mutalib, kemudian dia menghubungi bagian administrasi fakulti, ane mesti bayar 10 RM/malam, yeee…gimane sich nich ! Oklah gak pape, sorenya ane call pak Sulis dosen Undip yang sedang ambil PhD di UTHM, dia bantu sangat ngurus dormitory ini, karena die salah satu pengurusnya, akhirnye free of charge, pihak fakulti yang akan bayar, iyelahhhh!!!!…. Jadi seharian ini baca manual book P’Track ultrafine Particle Counter Model 8525 and nongkrong di makmal pak Mutalib, makan siangpun ame die pake nasi lemak (nasi uduk cing), rasanye biase aje. Batere laptop mo abiz, lupa bawa kaki segitiga…yabai neee….

Sore ini hujan deras sekali, mo keluar makmal juga males, tapi belom sholat ashar. Sekalian aje dech pulang, cari minum dulu. Abiz sholat ke office-nye pak Tatang, pulang bareng die, malam ini nginep di rumah pak Tatang lagi, baru besok pindah ke asrama.

Fasilitas bilik mahasiswa : meja, kursi, lemari, tempat tidur, kipas angin doang

Dinner baru jam 23.00, ayam kicap, biasa aje rasanye… Jam 02.00 baru tidurlah.

Berangkat lebih awallah pukul 08.00, sarapan di kantin dengan nasi lemak….lagi-lagi nasi lemak 2,6 RM. Minta kunci bilik dibantu oleh pak Sulis dosen Undip yang sedang ambil program PhD, dapat di bilik C.020, masya Alloh….udeh diberesin tapi kayaknye nggak tuntas, debu banyak sangat. Lakonin ajelah. Kamar mandi umum ada di luar bilik, cuci baju pun gitu.

Siang ini ke makmal Thermodinamik, ketemu dengan Enci Azizi, sudah talipun tadi ke Enci Mutalib. Ee…ternyata biliknya dikunci, barangkali masih cuti. Kalo gitu ane ke Pusat Teknologi Maklumat dululah, pusat IT-lah ngurus agar dapet account WIFI. Ternyata nggak sulit seperti yang disampaikan pak Sulis, mudah saja tinggal berikan surat dari Dr. Yusri dan bilang ke budak itu ane dari UI, ampuh juga tuch 2 huruf itu. Sekejap saja sudah dapat account.

Lunch ketemu dengan Ade Asmi, Yoseph, dan Zul. Ba’da dzuhur ke makmal ketemu dengan Encik Azizi, dia yang nanti mententir ane untuk pemakaian alat particle counter. Sudah masuk ashar ( di sini ashar jam 16.30), jadi dilanjut besok pagilah.

Sholat maghrib di mesjid kolej lanjut yasinan ampe isya, seger rasanya di mesjid itu. Sholat maghrib lumayan banyak ada sekitar 4 shaf, isya berkurang tinggal 2 shaf.

Malam ini tidur lebih cepat, abis nggak bisa akses internet dari bilik.

Bangun pagi lumayan seger, suara adzan mesjid terdengar sekali. Pengennya sih jogging…tak tahan mata ini, gintur lagee….

Jam 10.00 janji dengan Ncik Azizi di makmal thermal. Mulailah maen-maen dengan particle counter, install di laptop ane, sayang…alkoholnye abizz…jadi pengukurannye nggak akurat. Ada satu lagi particle counter dust track, cuma range partikel hanya bisa diset untuk 1 mikron dan 2,5 mikron, tak apalah dicuba. Tak cukup waktu, dilanjut lagi besoklah. Kepala makmal thermal ini Puan Azian, budak Malaysie itu sangka ane ini orang Jepunlah. Die alumni Fukui Daigaku, jadi kite cakap-cakap bahasa Jepunlah, tinggal Ncik Azizi yang terbengong-bengong.

Encik Azizi, teknisi lab thermal environment, yang bantu ane nanti

 

Tadi malem kagak bisa tidur, nyamuk banyak bener, nyalain lampu mulailah berburu nyamuk, kayaknye tinggal satu lagi tuch nyamuk, udeh gendut biarin aje dech, paling bentar lagi mati nggak bisa terbang.

Pagi sarapan spageti, keliatannya sich enak, ternyata umakunai….kagak enak, asin pedes…beli pastel 2 biji, ini baru enak. Mo beli roti canay belom buka. Kali ini makannya dibawa ke bilik.

Berangkat ke makmal thermal, experiment belom bisa dimulai karena Ncik Azizi sedang ada mahasiswa asistensi, sambil nunggu tulis ini cerita dululah. Alhamdulillah alcohol untuk P-Trak sudah ada, bersih-bersih, mulailah pengukuran, semula di makmal fabrikasi, angkanya luar biasa rata-rata 56.000 pt/cc (particle per cubic centimeter), masa sich ? Cuba di dalam ruang angkanya rata-rata 19.000 pt/cc. Angka ini nggak yakin, setting ulang lagi alat, ternyata harus menunggu lama, jadi lanjut lagi besoklah.

Sholat maghrib di mesjid, yasinan, dinner seperti biase tak enaklah rasanye, lanjut lagi sholat Isya, sejuk kali mesjid ini, AC full power.

Lagi-lagi kagak bisa tidur, nyamuk, suara berisik di luar juga mengganggu sangat, nyalian laptop maen games ampe jam 03.00 dini hari baru bisa tidur. Abis sholat shubuh buka e-mail sebentar terus jogging, subhanalloh indahnya pagi ini, udaranya seger, keliling kolej UTHM, 30 menit cukuplah, udah banyak juga kereta yang masuk kolej, lanjut sarapan ke kantin makan roti canay kosong (nggak pake telor) 2 biji, pastel 3 biji ame teh tarik, luar biasa. Budak Malaysie pegawai kantin itu pula sangka ane orang Jepunlah. Macam mane ini ane, kok bisa disangka orang Jepun. Mandi seger sangat.

Pagi ini dapet 2 datalah, tapi masih kurang puas, petang nanti ba’da jumatan dilanjut lagi. Kali agak lama ambil datanya, sampai sore pula. Hari ini cukuplah untuk penggunaan particle counternya. Pekan depan lanjut ke theoretical modeling dengan pak Muhaimin.

Sholat maghrib – isya di mesjid kolej. Suntuk juga nih malem Sabtu, tumben bisa akses internet dari kamar, berarti banyak mahasiswa yang pulkam. Kagak bisa tidur juga, sms pak Winardi, eee..diajak jalan makan, perut masih kenyang, teh tarik ajalah. Balek ke kolej, baru tidur pukul 03.30.

Tidur cuma 2 jam, tapi kok ngerasa cukup ya, mo tidur lagi nggak bisa, mending jogginglah. Lumayan dapet 30 menit, paling nggak keluar keringat sikitlah. Sayang hari sabtu ini roti canay nggak ada, jadi sarapan pastel aje 4 biji. Sambil nunggu cucian, chatlah ame keluarga. Baru tidur lagi….sedappp…….

Sore jalan-jalan keliling kolej (campus), maghrib – isya di mesjid dzikir + tilawah QS Yunus, Alhamdulillah.

Malam nonton bola liga Inggris di rumah pak Tatang, hasilnye Chelase (7) vs Aston Vila (1), Arsenal (1) vs – Birmingham (1), Manchester United (4) vs Bolton (0), ampe shubuh diselingi gaplean. Shubuh balek bareng pak Winardi, mampir dulu ke kedai makan roti canay kosong 2 biji plus teh tarik. Baru bisa tidur pules.

Minggu, 28 Maret 2010

Baru kale ini tidur nyenyak, bangun jam 11.00, internetan dulu, mandi makan sholat. Terus diajak pak Tatang pusing-pusing (jalan-jalan) ke Bandar Batu Pahat, kira-kira 30 km dari kampus UTHM. Tapi jalannya bagus, lebar, gak ade lobang, 30 menit aje udeh sampe, liat-liat dulu ke mall, biase aje, sama aje ame di Depok. Cuma beli bahan khas Malaysia, beli satu dapat lagi 1, ade-ade aje cara orang jualan. Minum teh tarik dulu sebelum tenis. Nah di sini ane ambil photo-photo kota tua Batu Pahat. Seperti namanya, ada prasasti orang sedang memahat batu. Kayaknye enak juga maen tenis. Campur dengan budak-budak Malaysia. Balek maghrib, sholat di mesjid kolej, and langsung dinner.

Ente baca tuch arab melayu bisa nggak ????

Latar belakang itu asal muasal nama BATU PAHAT

Abis sholat isya di kolej, chatlah dengan isteri, untunglah budak Malaysia belom balek ke asrama, jadi bisa akses internet dari biliklah. Pukul 00.00 baru bisa tidur pulesssss…….

Baru hari ini bisa tidur pules, suara nyamuk tak terdengarlah. Sarapan di kantin dengan menu favorit roti canay kosong 2 buah, pastel 2 biji, teh tarik and pagi ini ditambah dengan pisang. Hari ini nggak bisa ketemu pak Muhaimin, barangkali dia sibuk. Cuma jadi ketemu banyak professor. Prof. Darwin, pensyarah manufaktur pernah ketemu juga waktu dia ke DTM, Prof. Zaenal ketemu di mesjid, die nyangka ane yang akan pake ducting, bukan…die tanya juga kapan pak Rusdi datang ? Banyak lagi professor yang laen, ane gak hafal, oh iya Prof. Nawawi dean fakulti enjinering, Prof. Abbas, yang laen lupa lah.

Bangun lebih awallah, sholat shubuh di mesjid kolej. Abis itu jogging, luar biasa segernya. Janjian ketemu pak Muhaimin, akhirnya malah ketemunya di mesjid, agak sibuk dia, ada rapat dengan dean. Oklah baca-baca papernya aje dulu.

Sore rencananya mo ikutan badminton dengan pak Tono, sayang dia nggak bawa raketnya, dia juga emang lagi cedera, kita janjian hari kamisnya.

Kepengen nonton bola liga champion, mo nonton dimane ? Malem jam 01.00-an lah kebangun, berisik sangat bilik sebelah ini, kayaknye mereka pade maen game, waruiiiii…..Nggak lama kedengeran teriakan orang, dimane sich berisik sangat, ternyata di kantin pade nonton MU vs Munich, baru aje si Rooney bikin gol di menit pertama, pantes aje rame. Udah ahh tidur aje, barusan dikasih obat perangsang tidur …mantabbbb……

EEe…ternyata MU keok 2-1 ame Munich. Kepengen jogging, tapi lemes sangat nih badan, sarapan ntar-ntar aje ahh…eee malah kehabisan roti canaynye, terpaksa makan nasi goreng, kagak enak sangat.

Diskusi awal dengan pak Muhaimin, luar biasa nih orang papernya buaaanyak sangatlah.

Bagung pagi, jogging, sarapan favorit roti canay ame pastel minumnya teh tarik. Cuci baju untuk yang kedua kali. Pusing-pusing dululah ke Batu Pahat. Siang diskusi lagi dengan pak Muhaimin, kayaknye sulit juga modelingnya. Lagi-lagi papernya satu bundle die punya. Udeh sore, die mo tenis dulu. Lanjut lagi diskusinya malem di kopitiyam, kali ini lebih seru karena pak Tatang juga ikut gabung, rame sangatlah, eee…sampe diusir ame pelayannya, mo tutup bosss….oke oke….

Abis shubuhan, yahoo messenger dulu, hari ini di Indonesia libur, jadi bisa chat dulu ame keluarga. Lanjut jogging, lumayan seger dilanjut sarapan favorit roti canay, pastel and teh tarik. Hari ini agak santai memang, jadi nunggu sholat Jumat aja. Abis sholat juga ikut kumpul jadi supporter pertandingan persahatan tenis antara kantor imigrasi tanjung Balai Kepri dengan UTHM, tapi yang maen hampir sebagian orang Indonesia, benderanya doang UTHM tapi pemainnya pensyarah dan mahasiswa Indonesia. Orang-orang Tanjung Balai ini katanye memang rutin mengadakan pertandingan persahabatan ke UTHM, lha wong jaraknya cuma 1,5 jam dengan ferry. Baru aja mo mulai pertandingan hujan deres sangat, ane balek aje ke bilik, gintur mannnnnn….

Lagi-lagi malemnya kagak bisa tidur, kamar sebelah berisik sangat, kepengen ane gedor aje nih lemari. Baru tidur sebentar eee ade kodok nemplok di muka ane, ape maknanye nih ? Langsung ane mandi dah, terus shubuhan di mesjid.

Sarapan di kedai depan kolej, ade roti canay, mantabbb…

Nunggu adzan dhuhur ane nonton pertandingan futsal, kayaknye ade kompetisi antar mahasiswa. Tapi nggak seheboh di UI lah, kagak ade supporternya yang teriak-teriak.

Abis dhuhur ini jadi nggak ya ke Batu Pahat, sambil nunggu kabar dari Pak Tatang, gintur aje dulu.

Ternyata gak jadi ke Batu Pahat, untung ada pertandingan futsal, jadi ane nonton futsal aje… Ade juga festival di depan kolej, rame sih yang jualan, tapi sepi pengunjungnya, gak menarik pula.

Malem minggu dijemput pak Winardi, biasalah nonton bola di rumah pak Tatang, sambil gaplean.

Hari ini kite shopinglah ke Batu pahat.

Senin, 5 April 2010

Pagi jumpa dengan Dr. Yusri, nyusun schedule kunjungan UTHM ke UI pada bulan Mei. Farewell party dengan Prof. Sulaiman, Dr. Yusri, Dr. Badrul, satu lagi lupe namanye. Ketemu dengan Prof. Zaenal di mesjid, dia nanyain apakah sudah ketemu dengan Dr. Saidin, ane bilang nggak ketemu tapi ketemu dengan dr. Yusri, oh iya sama aje. Dari pembicaraan itu keliatan ane bakalan diplot sebagai student S3 di bawah supervisor Prof. Zaenal, harus ngisi borang…aduh jadi repot gini urusan, udehlah ntar diselesaikan di DTM aje ame Dr. Idrus. Informasi dari Dr. Yusri MoU UTHM dengan UI itu sudah ada, jadi mestinya tinggal implentasi aje.

Malam ini gak bisa akses internet, barangkali account ane udeh diputus, padahal masih ade 2 hari lagi, manyun aje deh di bilik, ginturrr abizzz….

Selasa, 6 April 2010

FREE DAY

Rabu, 7 April 2010

O tsukaresamadeshita, kuni e kaerooooo…………………

Entry filed under: Kegiatan Akademis. Tags: .

Tour de Bali – Family Gathering DTM 2010 Lawatan Ketiga ke UTHM Johor Malaysia (Part-I)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

August 2010
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: