UJI EMISI – Unit Jasa Pelayanan Bergerak Pemeliharaan Otomotif DTM UI

December 13, 2009 at 2:22 pm 7 comments

UJI EMISI

Segera Lakukan Sebelum Terlambat

Dalam rangka implementasi Peraturan Daerah Propinsi DKI Jakarta No. 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, salah satu upayanya adalah melakukan uji emisi pada setiap kendaraan. Coba baca deh, di media cetak maupun elektronik issue uji emisi lagi rame-ramenye, di mailing list otomotif, sebut aje milist Suzuki S2W (tuwils) gak ade abis-abisnya bahas uji emisi.

 Unit Jasa Pelayanan Bergerak Pemeliharaan Otomotif DTM UI bekerjasama dengan Raperind Motor memfasilitasi uji emisi kendaraan para dosen, tahap pertama dilakukan pada hari Jumat 11 Desember 2009 lebih dikhususkan untuk dosen FTUI. Biaya untuk uji emisi ini adalah Rp 65.000,- kemudian kami discount Rp 15.000,-. Untuk 50 orang pendaftar pertama kami discount lagi 50%, gile khan…kayak di mall aje…..jadi cuma bayar Rp 25.000,-, kalo nggak lulus uji emisi lebih murah lagi cuma bayar ceban, padahal kalo liat tulisan prof. Ral di blog nya ttg uji emisi (http://koestoer.worspress.com) temen-temen kite dosen FTUI ini sudah berada di comfort zone, masih juga ngejar-ngejar discount wakakakaka……jadi laku dagangan ane hihihi…..

Unit jasa pemeliharaan DTM ini berencana akan melakukan uji emisi secara rutin, insya Alloh tahap kedua akan diadakan pada bulan Januari 2010.

Ok, sekarang kite mulai petualangan uji emisi.

Ni spanduknye, bukti kite komitmen ame green campus...murah lagi...

Jumat pagi orang yang pertama kali datang adalah bu Herr Soeryantoro dengan Toyota Innovanya. Berikutnya pak Karamoy, kalo belom ade yang kenal pak Karamoy, silakan Tanya Bu Ellen DTS hihihi….. Setting alat perlu waktu juga, pukul 08.30 uji emisi baru dimulai, Bu Herr nggak sabar die…mestinye peserta dikasih coffee hangat, insya Alloh uji emisi berikutnye dech…tapi bayarnye full yee…..

Gelombang pertama jam 08.00 – 09.30 untuk dosen-dosen DTS, selain dosen DTS yang dateng jam segitu berarti die kagak baca pengumuman ane di milist dosen hari Kamis siangnye….beruntung kagak ade anarkis wakakaka….kecuali untuk mobil diesel (solar) karena pesertanya sedikit, jadi pagi itu bisa uji emisi duluan kagak mandang departemen.

Suasana antri uji emisi, pak Wahidin lagi ngitung jumlah mobil yang mo diuji....lumayan juga nich pemasukannye...hehehe....ini mah itung-itung kerja baktilah

Orangnye juga antri, ke depan nanti disediain coffee shop dech...siape yang mo buka lapak nich ?

 Jumlah mobil yang terdaftar melalui online registration bensin dan solar sebanyak 82 mobil, khan ada juga tuch yang mundur/berhalangan, tapi hebatnye jumlah mobil tetep 82 mobil, berarti ade yang daftar dadakan, ade yang dari FMIPA, PNJ, rektorat. Dari 82 mobil itu : 70 mobil bensin dan 12 mobil diesel, hasilnye gimane ? ntar baca di bawah yeee….fantastis…bombastis…realistis wakakakaka…kayak Tukul

Ini peralatan uji emisi, yang kuning itu untuk mengukur opasitas (mesin diesel/solar) bisa juga untuk bensin, harganye katanye sekitar 80 juta, yang merah itu gas analizer untuk mobil bensin (ini milik DTM lho....)

Hasil Uji Emisi, kite mulai dari supervisor bengkel DTM, pak Odong (Dr. Ir. Danardono)

Mulanye die cemberut, innova dieselnye gak lulus uji emisi, dasar emang Mc Gyver..die otak atik tuch mobil tambah sedikit aditif, digeber keliling UI, diuji lagi....makanya sekarang bisa tersenyum, dan ini mobil diesel satu-satunye yang lulus uji emisi, nyang laennye GAGAL....

Jadi semua mobil diesel GAGAL TOTAL kecuali innova dieselnye pak Doni. Innova diesel pak Asep gagal, panther bu Elly gagal padahal mobil baru lho bulan mei 2009, panther pak Wahidin juga gagal, ssangyong pak tris gagal, panther biru prof. Ral gagal maning (liat video kocaknye di http//koestoer.wordpress.com), fortuner bu Bondan eee…gagal juga, apalagi panther ane yang udeh tua (1997) 3 kali uji gagal semuanye….

Uji pertama gagal, tambah aditif tetep gagal, bersihin knalpot gagal juga, jual aje nich panther....65 jt dech, ban baru semua, AC ok, radio tape USB...wakakaka...jualan

Ini mobil yang paling tua uji emisi, toyota corolla 1975 milik pak Josia DTS. Uji pertama gagal, tambah aditif diuji gagal lagi, masuk bengkel DTM...tune up ame si Achong diuji lagi YOKATTA NE......mobil ente berhak dapet stiker lulus uji emisi. Jangan lupa bayar biaya tune up nye ke bengkel DTM wakakaa......

Selain mobil toyota corolla nya pak Josia, ade 2 mobil lagi yang gagal pertama uji emisi kemudian tune up di bengkel DTM, and then diuji lagi and LULUS, yaitu toyota starlet bu Sri Rejeki (dekanat) dan toyota kijang 1995 pak Setiadi (DTK).

Peugeout 405 prof. Djoko lulus uji emisi, tapi tetep dooong konsultasi dengan ahli dari Raperind MOtor pak Hendro...itu namanye profesor hihihi....

Bagi kendaraan yang lulus uji emisi berhak mendapatkan stiker lulus uji emisi yang berlakuk selama 6 bulan.

Ni orang pengen ngebandingin hasil uji emisinye ame mobil temennye, "mobil gw khan baru masa kalah ame mobil si B*t*, mane die hasil uji si B*t* ?" wakakaka.....

Tim Panitia Uji Emisi, dibantu mahasiswa teknik mesin angkatan 2008, luar biasa sekali kerja para mahasiswa ini, layak diberikan apresiasi.

HASIL AKHIR UJI EMISI :

  • Mobil bensin   70 mobil, lulus uji emisi 61 mobil atau sekitar 86%
  • Mobil solar 12 mobil, lulus uji emisi 1 mobil atau sekitar 8%
  • Mobil yang pertama uji emisi adalah milik pak Herr (Kijang Innova), ternyata mobil yang terakhir uji emisi juga milik pak Herr (Toyota Altis).

KESIMPULANNYA :

  • Ganti mobil bensin tahun muda, kalo mo dapet parkiran di DKI.
  • Mobil solar GAGAL TOTAL, bukan mobilnye yang salah tapi kualitas solarnye yang jelek …wakakakaka….
  • Nih rekomendasi buat pak Dekan FTUI, jangan biarkan mobil solar masuk FTUI, so adain kredit lunak mobil dosen doong wakakakaka…..

Tunggu uji emisi berikutnya di bulan Januari 2010.

Entry filed under: Artikel Campuran.

Terapi Ikan Garrarufa di Owabong-Purbalingga Si Panther Lulus Uji Emisi – Opasitas 15,5%

7 Comments Add your own

  • 1. rizky  |  December 13, 2009 at 4:05 pm

    Pak Iman,uji emisinya ada yang buat umum nggak?

    Reply
  • 2. hendar  |  December 13, 2009 at 4:10 pm

    nice pa,,
    pingin si ikut uji emisi cuma masalahnya mobilnya ga ada..
    hehe,, nanti lah klo dah lulus n pya maen2 ke DTM barang kali dapat uji emisi gratis atau diskon..amin..
    hm.. ternyata
    solar yang dijual di kita kualitasnya jelek ya..pantesan dari 12 yg lolos cuma satu, itu juga dipaksa2 pake aditif.. pantesan jakarta makin panas n kotor..
    mudah2an ada perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas solar dan premium juga, agar pembakaran dari mesin lebih baik..
    nice share pa..
    ^-^

    Reply
  • 3. annisa nurulianthy  |  December 15, 2009 at 12:55 am

    pak, saya mau yaa fotonya..hehe
    domo arigato gozaimasu

    Reply
    • 4. imansyah88  |  December 15, 2009 at 3:55 pm

      Copy aje kalo mau, dateng aje ke lt.2 DTM ke ruang saya, tapi ajak temen anda, jangan sendirian ye ….wakakaka…

      Reply
  • 5. Gerry Julian  |  December 16, 2009 at 4:25 pm

    wah mantap pa!dah banyak yang nanyai nih buat uji emisi yang umum bulan januari,,anak anak siap pa kalo ada acara uji emisi lagi,,dapet hoa hoka bento lagi,hehe

    Reply
    • 6. imansyah88  |  December 17, 2009 at 4:33 am

      Ntar ye… tunggu aje telpon dari ane.

      Reply
  • 7. annisa nurulianthy  |  December 19, 2009 at 1:32 am

    yah pak saya lupa ke ruangan bapak minta foto..
    saya ngambil yang ada di blog ini aja deh pak..hehe

    iya pak..insyaAllah kita siap buat uji emisi tahap 2..

    Reply

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

December 2009
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts