Ultah FTUI ke 45

July 19, 2009 at 5:23 pm Leave a comment

Malam tanggal 18 Juli 2009 ane browsing web-nye FTUI, baca-baca sejarah berdirinya FTUI, khawatir ditanya ame anak2 ane, kapan berdirinye FTUI, siape pendirinye ? Ee…ternyata anak2 lupa begitu ketemu sepeda. Jadi FTUI berdiri pada tgl 17 Juli 1964, anak bungsu ane Fira juga lahir pada tgl itu, makanye abis jalan santai and sepedahan die minta dibeliin hadiah.

Buat mengenang para jasa pendiri FTUI, ane cuplik abis dari web FTUI ttg sejarah berdirinye FTUI, tafadhol :

Sejarah Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berawal dari tawaran kaum muda Insinyur, yang tergabung dalam Perkumpulan Insinyur Indonesia (PII), kepada Presiden Republik Indonesia pertama Bung Karno, untuk membenahi jalan-jalan protokol di Jakarta yang rusak berat. Pada waktu itu Jakarta sedang mempersiapkan diri untuk Pekan Olah Raga Internasional GANEFO. Tawaran ini disambut dengan baik oleh Bung Karno. Jadilah kesempatan langka ini diberikan dan dengan syarat pekerjaan harus dapat diselesaikan dalam waktu dua minggu. Dipimpin oleh Ir. Slamet Bratanata, Ir. Roosseno, Ir. Sutami, Ir. Soehoed, tugas negara ini dapat selesai tepat pada waktunya.

Setelah tugas membenahi jalan-jalan protokol selesai, insinyur-insinyur muda yang mempunyai semangat baja ini merasa masih ada “sesuatu” lagi yang harus dikerjakan. Tapi apa? Maka muncullah kemudian ide cemerlang, “megapa tidak didirikan saja sebuah fakultas teknik di Jakarta sehingga orang tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk menuntut ilmu”.

Pada waktu diadakan acara menari lenso di Gedung Pembangunan (dahulu namanya Gedung Pola) untuk menghormati tamu-tamu kehormatan Ganefo, kesempatan yang baik itu tidak disiasiakan untuk menyampaikan ide tersebut kepada Bung Karno. Beliau mengatakan “datang saja besok ke Istana” dan benar saja ketika keesokan harinya menghadap Bung Karno di Istana, Bung Karno tanpa ragu-ragu menyatakan persetuannya dan bahkan langsung pada waktu itu juga menunjuk Prof. Ir. Roosseno sebagai Dekan pertama Fakultas Teknik. Bung Karno juga menginstruksikan agar Fakultas Teknik ini berada dibawah naungan Universitas Indonesia, dimana Rektornya pada waktu itu adalah dr. Syarief Thayeb.

FTUI Resmi Berdiri

dr. Syarief Thayeb ketika sudah menjabat Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) menerbitkan Surat Keputusan Nomor 76 tanggal 17 Juli 1964 tentang dibentuknya Fakultas Teknik. Berdirilah Fakultas Teknik secara resmi di Jakarta tanpa upacara peresmian ataupun selamatan, dibawah kibaran bendera Universitas Indonesia, jadilah Fakultas Teknik, Fakultas yang termuda.

Dari sinilah bermula sejarah Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Jurusan Sipil, Jurusan Mesin dan Jurusan Elektro dibuka pada tahap pertama. Masing-masing diketuai oleh Ir. Sutami untuk Jurusan Sipil, Ir. Ahmad Sayuti untuk Ketua Jurusan Mesin dan Ir. K. Hadinoto untuk Ketua Jurusan Elektro. Tahun berikutnya dibuka Jurusan Metalurgi dan Jurusan Arsitektur, dengan ketuanya masing-masing Dr. Ing. Purnomosidhi H dan Ir. Sunaryo S. Ir. Roosseno selaku Dekan pertama dibantu oleh Ir. Sutami selaku Pembantu Dekan Bidang Akademis, Ir. Slamet Bratanata selaku Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan serta Dr. Ing. Purnonosidhi H selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Awal kegiatan akademis FTUI 1964 didukung oleh 30 tenaga dosen serta 11 tenaga non-akademis menyelenggarakan 32 mata ajaran.

Mahasiswa tahun pertama yang mendaftar cukup mengejutkan yakni 203 orang mahasiswa pria dan wanita 199 orang diantaranya lulus test dan diterima menjadi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang pertama. Dalam jangka waktu lima setengah tahun, FTUI berhasil mewisuda 18 orang lulusan pertama sebagai Sarjana S1

Selanjunya pada tahun 1985, program studi Teknik Gas dari jurusan Metalurgi digabung dengan program studi Teknik Kimia dari jurusan Mesin menjadi jurusan Teknik Gas & Petrokimia dengan ketua jurusan Dr. Ir. H. Rachmantio. Jurusan Teknik Industri merupakan yang termuda, dibuka tahun 1999 dengan ketua jurusan Ir. M. Dachyar, MSc.

Departemen dan Program Studi di FTUI Saat Ini

FTUI terdiri atas tujuh departemen sebagai pengelola sumber daya akademik yang membawahi delapan program studi sebagai kesatuan rencana belajar berdasarkan suatu kurikulum teknik:

  • Departemen/Program Studi Teknik Sipil
  • Departemen Teknik Mesin/Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Perkapalan
  • Departemen/Program Studi Teknik Elektro
  • Departemen Teknik Metalurgi dan Material /Program Studi Teknik Material
  • Departemen/Program Studi Arsitektur
  • Departemen/Program Studi Teknik Kimia
  • Departemen/Program Studi Teknik Industri

dan satu program studi tingkat pascasarjana dibawah FTUI yaitu Program Studi Optoelektronika dan Aplikasi Laser. Departemen Teknik Mesin adalah satu-satunya Departemen yang memiliki lebih dari satu Program Studi.

——————————SEMOGA SUKSES SELALU UNTUK FTUI —————————————————-

Sabtu 18 Juli 2009 pkl. 6.30 anak2 udeh siap berangkat, 2 buah sepeda sudah masuk ke panther, handuk kecil, pakaian ganti, minuman sudah masuk ransel…yalahhh…cucian di mesin cuci belum dijemur, bisa kagak kebagian sepeda nich. Masih keburu…isi solar dulu di Kelapa Dua…eee!  ade peugeot si merah di Kelapa Dua, ngapain tuch pak Hendri ? Khan acara ultahnye di FTUI ?

Sampai di FTUI udah rame juga, buru-buru dech antri sepeda.

Hana ame Fira pake sepeda sendiri....seragamnye kedegean ye ???

Hana ame Fira pake sepeda sendiri....seragamnye kedegean ye ???

Si Umar ame ibunye, kata orang sich wajahnye mirip, cuma kulitnye doang beda wakakakaka.....

Si Umar ame ibunye, kata orang sich wajahnye mirip, cuma kulitnye doang beda wakakakaka.....

Start jalan santai and sepedahan hampir jam 8.00 kali ya, routenye Teknik – Ekonomi – Sastra – Fisip – Psikologi – Hukum – Mesjid UI – Fasilkom – Sastra – Jembatan Texas – EC – Teknik. Kalo ane bilang terlalu pendek, kagak keringetan, emang bener-bener santai.

Ternyata di FIB itu ade goa juga, ati-ati Muf stalagtit-nye jatuh....

Ternyata di FIB itu ade goa juga, ati-ati Muf stalagtit-nye jatuh....

Finish di dekanat, kite-kite langsung disuguhin bubur kacang ijo ame snack. Si Umar bilang sich buburnye kurang enak, iye bener…enakan bikinan bininye Suryadi, cobain aje tiap Jumat pagi di DTM.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon, pertama oleh pak Dekan Prof. Bambang kemudian diikuti oleh para Wadek dan Kadep. Kayaknye Kadep DTI yang nggak hadir, ane nggak liat sich…cuma sumbangan pohonnye paling hebat, pohon mangga yang udeh berbunga. Photo saat nanam pohon cuma pak dekan ame Warek I Dr.Ir Anis aje ye nyang ane pajang….

Prof. Bambang kagak kuat megang cangkulnye, diterusin dech ame anak buahnye yang badannye paling gede se-teknik.

Prof. Bambang kagak kuat megang cangkulnye, diterusin dech ame anak buahnye yang badannye paling gede se-teknik.

Warek I UI Dr.Ir. M. Anis nanam pohon mangga merk DTI, udeh berbunga tuch...sayang tuch pohon ditanamnye di samping DTE...

Warek I UI Dr.Ir. M. Anis nanam pohon mangga merk DTI, udeh berbunga tuch...sayang tuch pohon ditanamnye di samping DTE...

Si Muflih mewakili para Kadep nanam pohon mangga...kok pohon mangga semua sich ??

Si Muflih nanam pohon mangga mewakili para Kadep wakakakaka........... kok pohon mangga semua sich ??

 Anak2 udeh pade jenuh, acaranye monoton, kagak ade hiburan buat anak2. Musik doang…kagak didengerin juga tuch, ramean doorprize 100 ribuan. Ane ajak anak2 test drive sepeda lipatnye pak Hendri, sayang buat si Muflih tuch sepeda ketinggian…sorry Muflihnye yang kependekan badanye wakakakaka…..abis itu ane ajak naek perahu beton…yalahhh…ternyata kotor tuch perahu, banyak pakunye.

"Ayah.... kok perahunye di taro di sini?" Ayah juga nggak tau kenape, udeh kamu naek aje kesono ntar ayah photo ye....

"Ayah.... kok perahunye di taro di sini?" Ayah juga nggak tau kenape, udeh kamu naek aje kesono ntar ayah photo ye....

Abis naek perahu bosen juga anak2, yang kreatif tuch anak2 ini….anak siape coba ?

Anak2nye dosen mesin...pade kreatif khan.....

Anak2nye dosen mesin...pade kreatif khan.....

Seperti biasa kalo ultah tuch pasti ade tumpengan, dari dulu gitu-gitu aje….bosen ahh…

Potong tumpeng....dari Prof. Bambang diberikan ke Pak Anis (Warek), padahal Prof. Bambang tadi udeh milihin lauknye tuch ee...diserahin ke pak Anis wakakakaka....makanye jangan laper mata.

Potong tumpeng....dari Prof. Bambang diberikan ke Pak Anis (Warek), padahal Prof. Bambang tadi udeh milihin lauknye tuch ee...diserahin ke pak Anis wakakakaka....makanye jangan laper mata.

 Abis tumpengan ade macem2 :  sambutan, doorprize 100 ribuan, sambutan dari Ketum Bike to Work Indonesia Ir. Toto Sugito alumni mesin 82, penghargaan buat dosen berprestasi selamat buat Dr.Ir. Hery Hermansyah dari DTK..sayang ente kagak dateng…photonye nyang ini aje ye….

 

Nih dosen mesin yang berhasil menjadi busines-man....Prof. Raldi dg inkubatornye, Pak Hendri dengan sepeda lipatnye

Nih dosen mesin yang berhasil menjadi busines-man....Prof. Raldi dg inkubatornye, Pak Hendri dengan sepeda lipatnye

 Hiburan yang laen kagak ade lagi, kering hiburan nich ! Beruntung masih ade trio DTM…

Nih die vokalis DTM, luar biasa...semuanye profesor

Nih die vokalis DTM, luar biasa...semuanye profesor

Jam 11.30 cabut, sempet makan bakso dulu…selamat buat FTUI walaupun staf-staf kamu tidak banyak yang hadir, tapi kamu tetep eksis.

Entry filed under: Artikel Campuran. Tags: .

Liburan Sekolah – Mancing Murah Meriah….. SNTTM-8 Semarang Via Paris – Paramo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: