Festival Ciliwung Bersih – Gerakan Hemat Air

March 22, 2009 at 2:43 pm 15 comments

Assalaamu’alaikum wr.wb.

Hari Ahad 22 Maret ini, di Kampung Sawah tanah kelahiran ane ade event yang cukup menarik…Festival Ciliwung Bersih…., barangkali ini festival yang ke-3, seinget ane…soalnye yang pertama dulu panitia minjem camera nikon F-50 ane, ee..tuch anak tabrakan motornye, ancur dech camera, ampe sekarang kagak diganti. Yang kedua kagak minjem lagi die, nah yang ketiga ane nyang photo sendiri aje dech. Sekalian ane ajak anak-anak ane nelusuri sungai Ciliwung pake sepeda, tapi ane naek motor ame si Muflih dan Fira hehehehe……

Tim SAR dari Lenteng Agung Jakarta Selatan sedang siap-siap, sebagian besar mereka masih remaja pria dan wanita, jauhlah pokoknye di bawah ane

Tim SAR dari Lenteng Agung Jakarta Selatan sedang siap-siap, sebagian besar mereka masih remaja pria dan wanita, jauhlah pokoknye di bawah ane

 

Di sungai Ciliwung ini 28 thn yang lalu ane belajar berenang, telanjang bulet terjun ke sungai, tapi doeloe masih jernih sekalir airnye. Nyebrangin sungai, nyolong kedondong kong Haji....maafin aye Ngkong yee...

Di sungai Ciliwung ini 28 thn yang lalu ane belajar berenang, telanjang bulet terjun ke sungai, tapi doeloe masih jernih sekalir airnye. Nyebrangin sungai, nyolong kedondong kong Haji....maafin aye Ngkong yee...

Kalo kagak ade Festival Ciliwung Bersih, kagak bakalan ane ke Ciliwung. Ternyata sekarang kotor banget, orang buang sampah sembarangan, di beberapa tempat di bantaran Ciliwung udeh penuh sampah, saat ane moto aje ade 2 orang buang sampah seenak udelnye.

Jembatan Ciliwung sekarang namanye Jl. Akses UI yang dibangun pd awal tahun 80-an menghubungkan Kampung Sawah (Jak-Sel) dan Kelapa Dua (Jak-Tim). Hampir setiap pagi pas ane nganter anak2 sekolah, ade aje orang berhenti dari motor trus buang sampah ke sungai dari atas jembatan itu...kagak tau diri tuch orang ! Malah tukang ojek bilang kalo dini hari yang buang sampah ke sungai pake mobil. Nih jembatan kayaknye udeh miring yee...liat tuch plat besinye !

Jembatan Ciliwung sekarang namanye Jl. Akses UI yang dibangun pd awal tahun 80-an menghubungkan Kampung Sawah (Jak-Sel) dan Kelapa Dua (Jak-Tim). Hampir setiap pagi pas ane nganter anak2 sekolah, ade aje orang berhenti dari motor trus buang sampah ke sungai dari atas jembatan itu...kagak tau diri tuch orang ! Malah tukang ojek bilang kalo dini hari yang buang sampah ke sungai pake mobil. Nih jembatan kayaknye udeh miring yee...liat tuch plat besinye !

Kampung Sawah terbagi menjadi 2 RW : RW 01 dan RW 02, tuch die ketua2 RW-nye. Nyang kiri ane panggil Bang Neddy (ketua RW 02) doeloe temen nongkrong di mesjid Al-Ikhwan, nyang kanan Bang Roif (ketua RW 01) doeloe temen maen badminton

Kampung Sawah terbagi menjadi 2 RW : RW 01 dan RW 02, tuch die ketua2 RW-nye. Nyang kiri ane panggil Bang Neddy (ketua RW 02) doeloe temen nongkrong di mesjid Al-Ikhwan, nyang kanan Bang Roif (ketua RW 01) doeloe temen maen badminton

Dari kiri ye : Hana, Fira, Umar, Muflih, Pras (keponakan), nyang paling kanan ane kagak kenal...tuch anak pengen aje diphoto. Backgroundnye jembatan Ciliwung

Dari kiri ye : Hana, Fira, Umar, Muflih, Pras (keponakan), nyang paling kanan ane kagak kenal...tuch anak pengen aje diphoto. Backgroundnye jembatan Ciliwung

Doeloe…jembatan Ciliwung ini dari bambu, cuma bisa dilewatin ame motor doang, nyang punya Ngkong Haji Hasan ape Haji Entong ye…lupa ane, kalo lewat tuch jembatan mesti bayar kite. Jadi kalo mo pake mobil ke Kelapa Dua, Cisalak, Cimanggis mesti lewat Jembatan Vanus Depok Timur.

Doeloe katanye di bantaran Ciliwung kagak boleh ade bangunan, sekarang malah berdiri gedung megah salah satu universitas swasta di Depok, di depan ane ini tumpukan sampah...bau !!!!

Doeloe katanye di bantaran Ciliwung kagak boleh ade bangunan, sekarang malah berdiri gedung megah salah satu universitas swasta di Depok, di depan ane ini tumpukan sampah...bau !!!!

Di bantaran Ciliwung juga ane temuin lapangan badminton, udeh kagak ade lahan kali ye di Kampung Sawah ? Lap. Badminton campur tuch ame sampah....

Di bantaran Ciliwung juga ane temuin lapangan badminton, udeh kagak ade lahan kali ye di Kampung Sawah ? Lap. Badminton campur tuch ame sampah....

Alhamdulillah...tidak berapa jauh dari bantaran Ciliwung tepatnye di daerah Bambon Kp. Sawah berdiri megah Mesjid Al-Bakrie, ade hubungannye gak ye ame Abu Rizal Bakrie ??? Di samping mesjid ade bangunan lain, mirip seperti pesantren...

Alhamdulillah...tidak berapa jauh dari bantaran Ciliwung tepatnye di daerah Bambon Kp. Sawah berdiri megah Mesjid Al-Bakrie, ade hubungannye gak ye ame Abu Rizal Bakrie ??? Di samping mesjid ade bangunan lain, mirip seperti pesantren...

Begitu ane sampe di lokasi Festival, disambut ame monyet...ceritenye nih monyet sedang demo, si monyet kehabisan air bersih untuk minum krn air Ciliwung udeh kotor banget terpaksa si monyet mesti minum coca cola....dasar monyet !!!

Begitu ane sampe di lokasi Festival, disambut ame monyet...ceritenye nih monyet sedang demo, si monyet kehabisan air bersih untuk minum krn air Ciliwung udeh kotor banget terpaksa si monyet mesti minum coca cola....dasar monyet !!!

Ada juga lomba lukis anak-anak dengan tema Ciliwung Bersih. Nyang ane salut penampilan grup band ane tebak dari Sanggar Merah Putih, keliatan namanye di kaosnye…masih mude-mude seusia Umar kali, liat aje photonye :

Masih anak-anak khan ? Lagu si Dower-Jagger "As Tears Go By" dibawakan dengan perfect sekali. Lainnye lagu-lagu country..standing applause buat mereka

Masih anak-anak khan ? Lagu si Dower-Jagger "As Tears Go By" dibawakan dengan perfect sekali. Lainnye lagu-lagu country..standing applause buat mereka

Sementara di-cut dulu ye, ntar malem insya Alloh ane lanjutin ceritaannye….

Proposal UBER-HKI udeh kelar, ini mo ane lanjutin lagi ceritaannye.

Jadi nih acara Festival Ciliwung Bersih diadain dalam rangka memperingati hari Air Sedunia, hebat ye…betapa pentingnye nich air. Pusat acara di Bambon Kampung Sawah, seperti biasa acara dimulai dengan ceremonial sambutan, ane kagak ngikutin acara sambutan, justeru yang menarik adalah acara naek perahunye menelusuri sungai Ciliwung, start jam 09.00 dari Jamir daerah paling ujung Jakarta Selatan yang berbatasan dengan Pondok Cina wilayah Depok. Tiba di Bambon pukul 09.30, kemudian para peserta perahu, sebagian besar sich anggota tim SAR istirohat sebentar, minum fresh tea and coca cola dulu, eee..gratis tuch minuman…kayaknye sponsor tunggal nih coca cola.  Acara touring perahu dilanjutan menuju Lenteng Agung – Tanjung Barat, dilepas oleh Ibu Ir……..MSc (Ibu Sekda, ane lupa namanye), photonya juga belakangnye doang tuch …

Semua peserta siap-siap touring lagi, barangkali ada sekitar 10 perahu karet, nah yang dipayungin itu pasti pejabat-lah, Ibu Sekda, yang pake seragam panitia dari BPLHD

Semua peserta siap-siap touring lagi, barangkali ada sekitar 10 perahu karet, nah yang dipayungin itu pasti pejabat-lah, Ibu Sekda, yang pake seragam panitia dari BPLHD

Di depan panggung ade beberapa stand, salah satunye dari Universitas Trisakti, liat dech standing bannernye, kayaknye ane kenal…pernah ketemu di acara presentasi Hibah Bersaing Dikti.

Ya...Ibu Ir. Diana Hendrawan MSi, dosen Univ. Trisakti, di bagian kanan bawah bannernye tertulis Penelitian Hibah Bersaing Dikti 2007, kayaknye kite pernah ketemu bu...

Ya...Ibu Ir. Diana Hendrawan MSi, dosen Univ. Trisakti, di bagian kanan bawah bannernye tertulis Penelitian Hibah Bersaing Dikti 2007, kayaknye kite pernah ketemu bu...

Ada juga stand lukis kaos, nyang ini stand ade ane si Doel, jago ngelukis die…ente liat dulu hasil karyanye di blognye si Doel di http://www.spidool.blogspot.com/, setelah itu bolehlah pesen kaos ke die…

Nih die tampang si Doel, nyang mo pesen kaos lukis bisa lewat ane...limited edition, harga terjangkau

Nih die tampang si Doel, nyang mo pesen kaos lukis bisa lewat ane...limited edition, harga terjangkau

Masih banyak lagi photo yang laen, tapi ane cukupin aje ye, kalo mau minta aje ke “Golek” panitianye, udeh ane copyin ke CD.

Ane fikir-fikir, baru bisa mikir doang…wakakakaka, seandainya sungai Ciliwung ini dijadiin wisata air, pasti kagak kalah ame Venecia…ceile jauh amat Venecia. Citarik aje sich lewat….start dari Jamir finish di Bambon, bikin flying fox, bikin sarana outbound nyang laen, bakalan rame nich kampung, Oiiiii…siape nyang mo investasi WISATA AIR CILIWUNG ????”……udeh ach…mo fesbukan doeloe….racunnnnnn….

Entry filed under: Artikel Campuran. Tags: .

DIJUAL NINJA R 2009 – Si IJO – (SOLD OUT……) Funbike Alumni FTUI offroad at UI-Wood

15 Comments Add your own

  • 1. golex  |  April 23, 2009 at 5:30 pm

    ikhlasin aja udah kameranya, dia mah emang gitu orangnya….hehhehe

    buat wisata ciliwungnya, inysa ALLAH 2 tahun lagi terlaksana boss..

    Reply
    • 2. imansyah88  |  April 23, 2009 at 5:58 pm

      Wakakakakaka…si Golex akhirnye mampir juga ke blog ane, thanks yeeee. Iye…kamera mah udeh biarin aje…cuma orangnye mesti speak doong ke ane.
      Nyok kite bikin konsep wisata ciliwung, start dari rumah Kiwik, finishnye deket rumah Shinta…hehehehee……

      Reply
  • 3. romy  |  July 24, 2009 at 7:41 pm

    setau ane acara bersih ciliwung juga ngelibatin team SAR dan PMI JAKARTA SELATAN,kok gak ada beritanya ya?atau mang nyari nama masing-masing?

    Reply
    • 4. imansyah88  |  July 25, 2009 at 4:15 pm

      TIM SAR terlibat doong, khan photo yang pertama dipampang itu tim SAR dari Lenteng Agung Jak-Sel. Kalo PMI Jak-Sel barangkali terlibat cuma ane kagak liat tuch.

      Reply
  • 5. romy  |  July 30, 2009 at 6:23 pm

    SELAMA INI ADALAH SAR LENTENG AGUNG GAK MAU MENGAKUI BAHWASANYA MEREKA ADA DALAM SAR JAKSEL,PADAHAL SAR JAKSEL SELALU MEM BACK UP SEMUA KEGIATAN SAR LENTENG AGUNG.JADI HARAP BISA MEMAHAMI DAN BISA MEMPOSISIKAN

    Reply
  • 6. sismanto faiz  |  July 31, 2009 at 6:25 am

    MAKSUDNYA JANGAN DI SAMAKAN ANTARA SAR LENTENG AGUNG DENGAN SAR JAKSEL

    Reply
  • 7. sismanto faiz  |  July 31, 2009 at 6:31 am

    Tolong sampaikan pada ketua SAR Lenteng agung untuk segera mempertanggung jawabkan tentang tidak adanya pengakuan bahwa SAR Lenteng Agung ada dalam wewenang SAR JAKARTA SELATAN.Saya selaku BPH SAR JAKSEL belum pernah mengeluarkan SK tentang keabsahan SAR Lenteng AGUNG

    Reply
  • 8. ROMY  |  July 31, 2009 at 6:36 am

    Tolong sampaikan pada ketua SAR Lenteng agung untuk segera mempertanggung jawabkan tentang tidak adanya pengakuan bahwa SAR Lenteng Agung ada dalam wewenang SAR JAKARTA SELATAN.Saya selaku BPH SAR JAKSEL belum pernah mengeluarkan SK tentang keabsahan SAR Lenteng AGUNG

    Reply
  • 9. Raymond  |  October 23, 2009 at 9:20 am

    Tidak lah perlu berseteru mengenai nama, karena dalam opersional apapun organisasinya tetap dibawah struktur opersional SAR.

    oh iya, sejak kapan ada SAR JAKARTA SELATAN?
    apa SAR JAKARTA SELATAN mengakomodir seluruh potensi SAR di jakarta selatan, mengingat nama yg digunakan menyangkut kewilayahan.

    Reply
  • 10. Iwan Adrian  |  November 30, 2009 at 1:10 pm

    Ass.Wr.Wb

    Puji Syukur Alhamdulillah, ternyata masih ada yang mau memikirkan ciliwung, iya…..kalu bukan kite siape lagi……dimana bumi dipijak disitu kita junjung…..kite sebagai putra daerah…..haruslah ….merasakan betapa bahagianya bila lingkungan kita bersih…….dulu kita sering berendam di sungai yang kita cintai….tapi….kini…….?

    Bang,….sesuai dengan program pemerintah ” NYETOP NYAMPAH DI KALI ” saya mengharapkan kesediaan abang untuk memberikan pemikiran dan bergabung dalam ” SAMPAH adalah EMAS ” gimana bang?

    mohon maaf bila hal ini menggangu, salam untuk keluarga semua.

    Wass.

    Reply
    • 11. imansyah88  |  December 1, 2009 at 6:26 am

      Ee..pak RW, kirain siape. ane mah cuma bikin reportase Ciliwung bersih doang, biar nggak kelupaan makanye ane taro di blog ane.
      Kalo masalah ini kayaknye bukan bidang ane, mungkin ade orang Kampung Sawah yang lebih kompeten untuk bidang ini.
      Arigatou udeh berkunjung ke kampung blog ane.

      Reply
  • 12. Romy  |  December 26, 2009 at 12:20 am

    Raymond kemana aja baru tau ada Sar JAksel?????????makanya lebih aktif lagi kalo jadi anak muda yang bener…..kalo emang smua dibawah struktur SAR..kenapa gak pernah sekalipun SAR lenteng laporan kepada SAR JAKSEL yang memang menaungi segenap elemen RESCUE diwilayah JAKARTA SELATAN….Jadi Raymond kalo gak tau jangan sok tau….

    Reply
  • 13. mokhamad  |  February 24, 2010 at 4:47 pm

    asww…ayo bentuk barisan u bersihkan ciliwung….sy yakin apabila sdh yakin n siap pasti banyak relawan yg ikut…siapa sih yg nikmati apabila kali ciliwung ini bersih…?pasti semua rakyat…

    Reply
  • 14. M.tayanih  |  May 28, 2010 at 7:36 am

    SIAPA YA YANG NGERUSAKIN CILIWUNG ????? YANG TUA APA YANG MUDA ???? PRIBUMI APA PENDATANG ??????
    ORANG BODOH APA ORANG PINTAR ???? MASYARAKAT APA PEMERINTAH ???? JAWABANNYA !!! KITA TANYA YO KE IWAN FALS

    Reply
  • 15. uce nurhadiyat  |  November 9, 2011 at 10:14 am

    Insya Alla dengan gerakan Ciliwung Bersih akan semakin meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap alam dan sekitarnya dan semoga ciliwung tetap bersih dan semakin betawi banget

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


