Pedulilah dengan Kesehatan Anda !

February 18, 2009 at 4:01 pm 3 comments

Muslim yang kuat lebih disukai daripada muslim yang lemah, berarti khan muslim yang sehat lebih disukai daripada yang sakit, ya khan ……

Orang akan merasakan nikmatnya sehat manakala dia sedang sakit. Ini yang kadang-kadang bahkan sering kite lupakan.

            Tulisan ini termotivasi ketika temen seangkatan ane Mesin 2008 Rudi Riswanto terbaring di rumah sakit karena terserang penyakit jantung. Semua temen ane kaget, kok si Rudi yang energik, olahraga juga nggak pernah absen, kok bisa terkena serangan jantung. Tepatnye pada tanggal … hari Jumat die dioperasi, bahasa kedokterannye “kateter” dipasang 3 ring di rumah sakit Harapan Kita. Nanti di bawah artikel ini ane copy tulisan Rudi yang die ketik setelah operasi tapi masih bedrest di rumah, die cerita tentang bagaimana die bisa terserang penyakit jantung.

            Jadi memang betapa pentingnya kita menjaga kesehatan. Di beberapa artikel sebelumnye, sudah ane tulis beragam penyakit yang pernah mampir di badan ane. Jadi sekarang kite mesti mensyukuri nikmat sehat yang telah Alloh berikan kepada kita dengan menjaga kesehatan ini. Salah satu kepeduliannye adalah senantiasa menjaga kesehatan dengan pola hidup yang baik, pola makan yang baik, olahraga yang teratur. Kite juga mesti melakukan general check up secara rutin, alhamdulillah hasil general check up ane terdokumentasi dengan baik sejak tahun 2004. Nah setelah tau kondisi tubuh kite, khan dikasih tuch rekomendasi bagaimana untuk menjaga tubuh tetap sehat. Untuk orang seusia ane, olahraga yang bener adalah aerobic, bukan olahraga sepeti sepakbola, futsal, badminton dlll, bener ape yang ditulis oleh Rudi.

            Di Departemen Teknik Mesin UI, general check up dimulai tahun 2004, providernye beda-beda, 2 tahun pertama di Pusat Kesehatan Mahasiswa UI, kemudian tahun-tahun berikutnya Prodia, di sela-sela itu ane juga check up ke RS Tugu Ibu dengan memanfaatkan ASKES Plus. Hasil general check up bisa nggak ya di upload di sini ? Ntar ane coba dulu ye……

  general-check-up_02

 

Kesimpulan dan saran setiap abis general check up boleh dibilang sama aje, nih ane ringkas di sini :

Kesimpulan :

  • Semakin tinggi peningkatan dislipidemia, maka resiko terkena penyakit jantung koroner dan gangguan pembuluh darah semakin meningkat.
  • Peningkatan fungsi liver
  • Hiperurisemia

Saran :

  • Lakukan konsultasi ke dokter perusahaan/dokter spesialis penyakit dalam.
  • Istirahat cukup, periksa fungsi liver dan hepatitis
  • Diet rendah lemak dan purin, olahraga teratur
  • Turunkan berat badan menajdi 65 – 68 kg

Rekomendasi olahraga :

  • Pemanasan 5-10 menit
  • Jenis olahraga yang dianjurkan jalan cepat, jogging, sepeda minimal 2 kali/minggu selama 20-30 menit/olahraga.
  • Denyut nadi 100-120 x/menit
  • Latihan beban 2 kali/minggu, sit up 2 set @ 10 ulangan.
  • Pendinginan setelah latihan selama 5-10 menit.

         Selama ini olahraga yang ane lakukan adalah jalan cepat dan jogging, paling nggak 3 kali seminggu. Jadi setiap abis nganter anak-anak sekolah, ane langsung ke Balairung UI, parkir mobil di situ, terus pamanasan, jalan cepat kira-kira 5 putaran rotunda rektorat kemudian dilanjutkan dengan jogging 3 putaran, and ditutup dengan pendinginan. Saat jogging biasanye banyak bapak-bapak kalo ane bilang usianye rata-rata udeh di atas 60 tahun. Kalo pas ane datang biasanye mereka udeh selesai jogging, jadi ngerumpi aje tuch sambil menikmati sinar matahari. Topiknye kagak jauh dari penyakit, politik, kadang-kadang ceritein isteri-isterinye wakakakakak…

            Nah kalo hari Sabtu, ane ngajak keluarga termasuk bapak and ibu ane. Kalo hari Sabtu ini di UI tidak terlalu ramai, kemudian kendaraan juga bisa parkir di Balairung, kalo hari Minggu, ramenye minta ampun, kendaraan juga nggak bisa masuk.

            Ane juga suka badminton, tapi akhir-akhir ini agak jarang, paling seminggu sekali aje. OK selamat menjaga kesehatan anda.

 

==========ANE COPY PASTE TULISAN RUDI DI MILIST M88====================

Dear all friends everywhere,

 

Ini hari ke-5 gw bed rest di rumah, baru kuat online di email.

 

Thanks yg tidak terhingga sampai ketika gw online dari rumah ini, begitu

banyak atensinya thd kesembuhan gw atas penyakit yg “silent killer”

ini..

 

Special thx buat yg udah sempet menjenguk, menghibur dan mengocok perut

gw yg masih rada sakit waktu itu dg humor2nya shg dokter pun heran gw

bisa 2-3 hari pulih lebih cepat dari seharusnya..

 

Juga buat yg udah sms, email, telpon dan juga titip salam, semuanya

makasih banget, tanpa doa dan support teman2 belum tentu kondisi gw bisa

seperti ini.

 

Supaya teman2 punya gambaran lebih banyak, sedikit sharing aja apa sih

causal driver dlm tubuh gw shg bisa kena :

 

1. Dari kecil nggak doyan makan sayuran, kurang serat selama 30-an

tahun ck ck badung kan gw?, buah pun ala kadarnya, intinya gw suka makan

yg manis2 walaupun jeroan dkk gw juga nggak doyan, Sejak 5 thn terakhir

total kolesterol gw diatas 220 terutama LDL nya diatas 130 terus, gak

pernah gw follow up dg obat2an penurun kolesterol, gitu deh sibuk sibuk

dan sibuk..

2. Stres di kantor menumpuk, kadang kebawa sampe ke rumah, week end

juga buka laptop, please do not follow this ya🙂

3. Bener kata bbrp temen yg udah diposting sebelumnya, PJK itu gak

kenal umur tua ato muda, kurus ato gemuk, yg diserang adalah pembuluh

koroner kita, tumpukan plak kolesterol jahat dan trombosis di dinding

pembuluh itulah yg membunuh kita perlahan2 dan so sudden, miracle memang

gw masih tertolong krn Tuhan masih punya rencana buat gw (tentunya,

Alhamdulillah).

4. Bener, gw olahraga rutin, tennis, tapi asal temen2 ketahui,

tennis, badminton, squash, futsal, basket dan sepak bola itu termasuk

“high impact sport” utk umuran kita2, so banyakan bahayanya KALAU nggak

diimbangi dg “pemanasan” dan “cooling down” yg cukup, itu yg gw akui

males lakuin, dateng ke lapangan langsung jebrat jebret mukul bola,

maklum dah mulai umur, unsur males lebih gede drpd ngikutin guideline

sport yg dulu gw taatin..

 

 Tetep preventive jauh lebih baik drpd pengobatan, bbrp nasehat dokter :

 

1. Mulai konsumsi makanan sehat, silakan liat sendiri atau beli

buklet makanan sehat ya, gw gak mau tll menggurui.

2. OR yg rutin tapi lebih “friendly” sama jantung, e.g: jalan pagi

40 menit tiap hari, atau bersepeda, jogging dan berenang..

3.  Kurangi en kalao bisa sih jangan sampe stress kerjaan🙂

4.  Mulai deh dari sekarang tes jantung yg namanya Multi Slice CT

Scan, bbrp RS gede punya fasilitas ini, ini satu2nya cara lihat adanya

penyumbatan di pembuluh koroner tanpa tindakan spt yg gw alami yaitu

kateterisasi (intevensi alat via pembuluh vena paha).. Bayar mahal dikit

diawal gw rasa lebih melegakan daripada baru tahu ketika sudah bener2

tersumbat..

 

 Gitu dulu ya, salam sehat slalu dari gw, mudah2an cuma gw diantara M88

yg musti ngalamin ini dan berbagi hikmah positifnya ke teman2 semua…

amin.

============================================================

Rud, semoga cepet sembuh yee……..

 

 

Hore…berhasil….jadi copy dari excel, terus buka di paintbrush….ini die hasil general check up ane sejak tahun 2004….tapi kebaca nggak ya….

Entry filed under: Artikel Campuran. Tags: .

Lego Knalpot AHRS & HRP untuk Smash/Shogun AFATUL LISAN

3 Comments Add your own

  • 1. Itriah  |  February 19, 2009 at 2:38 am

    Man, boleh ane kasih saran cek liver ente. Berdasarkan pengalaman almarhum laki ane beberapa tahun lalu GPT & GOT naik terus setiap tahun tapi dokter bilang nggak pa pe’ ternyata setelah dua tahun ada masalah di fungsi liver. Diagnosa dokter ttng penyakitnya ini, baru tahu 3 bulan sebelum almarhum di panggil yang Maha Kuasa. Emang buat cek yang lebih serius nggak kite lakukan tapi nggak ada salahnya ente cek deh.
    Tapi biar gimanepun usaha kite tetep aje hasil akhir ada pada yang punya nyawa kite. Ya… udah saran ane gitu aje deh. Semoga bermanfaat ye….Semoge kite semua selalu sehat wal afiat. Amien.

    Reply
    • 2. imansyah88  |  February 19, 2009 at 2:48 am

      Ita…thanks ye udeh mampir ke blog ane….Iye tuch, setiap check up SGPT & SGOT ane di atas normal, dokternye juga bilang gitu, nggak pape, cuma disaranin banyak istirohat…Rekomendasi ente sebaiknye diperiksa di mane nih ? Di RS Haji Pondok Gede baik/bagus nggak ?

      Reply
  • 3. Burhan  |  October 29, 2009 at 6:05 pm

    Mbak..saya mau minta saran tentang masalah jantung.
    kebetulan saya medical check up untuk TKI. dan hasil saya kebetulan di masalah jantung(abnormal),hasilnya CTR saya cuma 53%.!
    yang saya mau tanyakan ideal normal berapa persen untuk jantung??cara pengobatanyany ke depannya harus seperti apa mbak??

    Many Big Thx.

    Hans;

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Most Recent Posts


