Training Drafting Paten

January 29, 2009 at 11:52 pm 2 comments

Hotel Sparks,  27-28 Januari 2009

Pelatihan drafting paten yang diadakan pada tanggal 27-28 Januari 2009 di Hotel Sparks Mangga Besar Kota ini diselenggarakan atas kerjasama antara Pusat Inovasi LIPI dan Pusat Kajian Pembangunan Daerah Depdagri. Bayangan ane pasti pesertanya banyak seperti yang diadakan Dikti beberapa waktu lalu. Direktorat Inkubator dan Kemitraan Bisnis UI aje ngirim 3 orang (ane Imansyah, pak Djaya Surya Atmadja pakar forensik dari FKG, dan Bu Titi …. maaf ya Bu ane lupa nama lengkapnye….dari FIK, tapi ane tau tinggalnye di Depok Lama, babenye namanye pak Maskun mantan karyawan rektorat UI, katanye sih yang ikut ngebangun UI tahun 1987-an ya….).

Selasa (27 Januari 2009) pagi ane berangkat dengan si smash, seperti biasa macet di mane-mane. Ane ambil jalur Pasar Minggu – Pancoran – Manggarai – Salemba – Senen – Kota. Begitu masuk Pancoran hujan deras….alhamdulillah bawa raincoat, tembus aje dech nih hujan. Nggak terlalu sulit nyari hotel Sparks, persis di pinggir jalan Mangga Besar. Tepat pukul 09.00 di meja registration,…baru segelintir orang yang datang, ane hitung nggak lebih dari 8 orang, belakangan baru tahu ternyata dari 8 orang itu 2 orang instruktur training dari LIPI, kemudian terlambat 1 orang peserta dari Unpad, jadi pelatihan drafting paten ini pesertanya cuma 7 orang. Alamaaaakk…..dan semuanya berasal dari perguruan tinggi, nggak ada peserta dari Pemda, apalagi dari industri. Seinget ane nih pesertanya pak Felix dan pak …… dari universitas di Bandung, bu Dewi dosen dari Universitas Terbuka, bu Miranda Risang Ayu dari Unpad, dan Ane, pak Surya, bu Titi dari UI.

Ragil, Subiyatno, Bambang Subiyanto, Surya, Dewi, Titi, Felix, J....,Imansyah, panitia....27 Jan 09 Hotel Sparks

Dari kiri ke kanan : Ragil, Subiyatno, Bambang Subiyanto, Surya, Dewi, Titi, Felix, J....,Imansyah, panitia....27 Jan 09 Hotel Sparks

Acara baru dibuka pukul 10.00, berarti telat 1 jam dari yang direncanakan. Keynote speaker Prof. Dr. Bambang Subiyanto, MSc Kepala Pusat Inovasi LIPI, intinya tentang urgensi paten. Instruktur pelatihan ini dari Pusat Inovasi LIPI Bpk. Subiyatno dan bapak Ragil Yoga Edi. Materi hari pertama : Membangun Budaya HKI Belajar dari Jepang, HKI dan Pemanfaatannya, Patentabilitas dan Identifikasi Klaim, Penelusuran Dokumen Paten, Studi Kasus 1, Teknik Pembuatan Spesifikasi Dokumen Paten. Hari pertama ini selesai pukul 16.30, lumayan masih ada waktu jalan-jalan ke Glodok, isteri ane nitip dibelikan tape recorder buat TK-nya karena mini componye yang biasa dipakai untuk senam anak TK diembat maling. Akhirnya dapet tape recorder polytron, cukup sich kalo untuk senam aje sich….

Hari kedua Rabu 28 Januari 2009 (udah jam 09.30 belom mulai juga nich….) materinye : Prosedur Pendaftaran Paten, Latihan Pembuatan Draft Dokumen Paten, Aspek-aspek Hukum Paten dan HKI lain yang penting diperhatikan, Diskusi dan Penutupan. Buat ane hari kedua ini kurang menarik, jadi nggak ane ceritain di sini ye…langsung aje acara training ini ditutup pukul 15.00. Ane langsung check out, cabut ke DTM Depok, karena udeh janji ada rapat Badan Pengawas P2M yang pastinye seru, karena menyangkut urusan duit. Kalu urusan duit nich yee….tambah kurang boleh salah, tapi kalo bagi-bagian nggak boleh salah….wakakakakakaka……

Kesan-kesan ane :

Pelatihan kali ini tidak lebih baik dari pelatihan yang diadakan oleh Dikti. Apalagi fasilitas internet tidak ada, jadi susah buat peserta untuk browsing paten-paten yang sudah di-publish khususnya yang dari luar negeri. Begitu juga saat latihan buat drafting paten, tidak ada fasilitas computer, jadi tulis tangan aja tuch di blocknote (blocknote juga ane terima hari kedua, udeh siang lagi….), jadi kepanitiaan ini kurang professional, udeh ahh jelek-jelekin orang mlulu…astaghfirulloh…..

Entry filed under: 1. Tags: .

Touring ke CIdahu Sukabumi Jawa Barat Nggak terasa udeh 13 tahun 9 bulan mengabdi….PNS…..

2 Comments Add your own

  • 1. rais  |  February 25, 2009 at 8:44 am

    saya meminta contoh draft pengajuan paten dan paten sederhana

    Reply
    • 2. imansyah88  |  February 25, 2009 at 9:45 am

      Draft paten ? boleh…tapi kenalin diri dulu doong………..sekalian alamat e-mailnye, ntar ane kirim via e-mail

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


