Kunjungan ke Sarana Usaha Industri Kecil

December 23, 2008 at 5:48 pm 2 comments

Kunjungan ke Sarana Usaha Industri Kecil (SUIK) di kawasan industri Pulo Gadung ini sebenarnya sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan PHK A3 DTM. Kegiatan ini mestinya harus sudah terlaksana awal bulan November lalu, jangan ditanya deh kenape, ada 1001 alasan. Inipun diadakan sangat mendadak sekali, Alhamdulillah ada pak Idrus yang bantu telpon-telponan ke yang punya Pulo Gadung. Baru Kamis sore ada kepastian jadi berangkat ke JIEP (Jakarta Industrial Estate Pulogadung), sore itu juga cari bus, sore itu juga ngerahin mahasiswa yang mengambil mata kuliah Tugas Merancang yang sebagian besar angkatan 2005. Dengan bantuan Kresnandar dan Erlangga pesen makan dan snack. Ane minta juga untuk menghubungi temen-temen seangkatannya, makanya ane siapin pulsa buat die. Malemnya die kasih kabar bahwa sudah ada 45 mahasiswa yang terdaftar, cukuplah ane fikir. Trus gimane nih duitnye ? emang booking bus nggak pake duit ape ! Telpon si bos Nandy, untuk sementara urusan duit beres. Trus mahasiswa yang Jumat paginye ade kuliah gimane ? Telpon pak Warjito yang Jumat paginye ade kuliah Teknik Aerodinamika, sekalian ajak beliau untuk ikut ke SUIK. Hubungi pak Harinaldi karena paginya ada kuliah Dasar Komputer. Beginih nih kalo serba mendadak, kayak kagak ade perencanaan.

                Jumat pagi datang lebih awal, minta tolong Mbak Tina nyiapin ucapan terima kasih, kalo yang ini pak Idrus udah biasa, template-nya udeh disiapin, jadi mbak Tina tinggal ngisi tujuannya aje, walaupun begitu masih salah juga, harusnya industrial diketik internasional. Ucapan terima udeh ok, digital camera, handycam, sip…udeh mo siap berangkat, eee..masih ade aje mahasiswa yang telat. Dari 5 dosen DTM yang janji mo berangkat, cuma 3 orang yang komit, pak Bito, pak Warjito, ame ane deh.

                Dengan modal nomor HP pak Mauli yang ane dapet dari pak Idrus, telpon telponan ame beliau gimane nanti model kunjungannye. Akhirnya sampe juga di SUIK, rupanya sibuk sekali pak Mauli, jadi kite-kite langsung menuju lokasi, keliling liat-liat workshop. Sebut aje salah satunya workshop pak Abdul Fatah. Pak Fatah ini mantan karyawan PT AHM (Astra Honda Motor), sekarang dia justeru menjadi supplier sparepart motor Honda. Ada 31 items yang dia buat, yang ane inget chain adjuster, dudukan shockbreaker, dudukan untuk spidometer, yang laennye kagak hafal ane. Semangat bener die ngejelasinnya. Kata kunci untuk memulai usaha beliau bilang adalah “KEMAUAN”, bukan “MODAL”. Teringat ane ame pesen pak Denny A.N. dari bank Mandiri saat training Wirausaha tahun 2007 lalu, “jangan ditunda pak Iman, mulailah usaha dari sekarang, modal bukan halangan”. Paling tidak Pak Fatah ini sudah membuktikan, kalo ada kemauan apalagi ditambah relasi, pasti ada jalan, dengan seizing Alloh tentunya ya. Dengan 30 orang karyawan, pak Fatah bisa menghasilkan uang 500 juta rupiah perbulannya, luar biasa….. apalagi sekarang bisnis pak Fatah ini sudah mendapatkan sertifikat ISO9001-2000, pasti punya added valuenyelah. Semoga sukses selalu pak Fatah ! Jangan lupa pak Fatah, diperbaiki safety untuk karyawannya ya…..liat aja photo ame film yang ane ambil, ngeri ngeliat mereka kerja, masa dibilang jari kepejit besi itu hal biasa. Tidak jauh berbeda dengan workshop yang lainnya. Sebagian besar menjadi pemasok untuk sparepart kendaraan bermotor. Yang lainnya paling buat tanki untuk foging, pressure vessel skala kecil, ranjang (tempat tidur), memang nggak terlalu luas sih SUIK ini, dalam waktu nggak sampe 2 jam udeh kite kelilingi semua. Makanya jam 11.00 udeh selesai.  Langsung balek ke DTM Depok, tapi sholat Jumat dulu di Mesjid Attin Taman Mini. Luar biasa sekali jamaahnya, luber…mirip ame malem ke 27 Ramadhan.

               

Sarana Usaha Industri Kecil SUIK, Pulo Gadung desember 2008

Sarana Usaha Industri Kecil SUIK, Pulo Gadung desember 2008

Ditulis sambil nunggu isteri nyiapin pakaian untuk berangkat ke Purwokerto besok pagi.

Jumat, 5 Desember 2008 pukul 00.07

Tulisan ini juga udeh diposting di blog-nya Porf. Ral (koestoer.wordpress.com)

Entry filed under: Artikel Campuran. Tags: .

Orang tua Tukang Koran itu telah meninggal Ryoko (touring) ke Purwokerto – Idul Adha 1429 H

2 Comments Add your own

  • 1. jenglot  |  December 28, 2008 at 12:40 pm

    wah, si Oom banyak bener pendukungnye…bisa sukses nih jadi caleg….

    Reply
    • 2. imansyah88  |  December 28, 2008 at 2:24 pm

      Thanks Jenglot udeh namu di blog ane, mampir juga doong ke bengkel ane….

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

December 2008
M T W T F S S
    Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: