Cara Pengisian SPT Tahunan 1770 S

March 9, 2010 at 5:15 pm 8 comments

UPDATED,

prosedur/cara pengisian SPT Tahunan 1770 S yang ane buat tahun lalu (yang di bawah ini) ternyata masih boleh atau bisa digunakan untuk pengisian SPT tahun ini (2011), ane sudah kontak karyawan perpajakan. Syukur kalo masih terinstall di komputer anda, jadi nggak perlu instal lagi. Silakan isi dech SPT nye, and jangan hiraukan isu mafia pajak yang akhir-akhir ini ruaaaame bangeeeetttt….

=============================================================

Baru 2 tahun terakhir ini kayaknye begitu masuk bulan Maret, sikit sibuklah dengan urusan perpajakan, di awal-awal pasti ribet dengan pengisian SPT Tahunan. Ternyata Dirjen Pajak memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk mengisi SPT Tahunannya, sekarang kita bisa download semua formulir SPT dan dilengkapi juga software untuk pengisiannya.

Ane sharing pengalaman pengisian SPT Tahunan, ane masuk golongan  dengan pajak penghasilan 1770 S, barangkali sebagian besar dosen DTM masuk golongan 1770 S ini, ok ane mulai ye :

  1. Buka web dirjen pajak di http://www.pajak.go.id
  2. Arahkan crusor ke menu “aplikasi”, kemudian ente klik e-SPT, liat di bagian bawah pada point no. 4 ye : 4. E-SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (Sesuai PER-34/PJ/2009) :
  3. Kemudian download :  eSPT PPh Tahunan Orang Pribadi 1770 S (01022010) Installer
    Jangan lupa ente save dimane tuch filenye.
  4. File itu di-ZIP, jadi pastikan computer ente ade aplikasi winzip-nye. And then ente  extract tuch file, nanti akan muncul 4 file, salah satunye Installer OP S.exe, nah double klik tuch file installer.
  5. Kemudian ikuti perintah install-nye sampai finish.
  6. Secara otomatis akan tersimpan software eSPT  itu di program ente.

Sekarang kite mulai pengisiannya :

  1. Klik menu start di windows bagian kiri bawah monitor ente, khan ade program tuch, cari dech eSPT PPh Tahunan Pribadi, kemudian pilih eSPT 1770 S, selanjutnye klik eSPT Tahunan 1770 S.
  2. Akan muncul CONNECT TO DATABASE, kemudian pada kolom Nama DSN ente pilih db1770S and the klik OK.
  3. Akan muncul Login khan, isi username : administrator, passwordnye : 123, tapi nanti sebaiknye ente ganti nih username ame password-nye.
  4. Setelah itu mulailah pengisian.
  5. Mulai dari menu program, pilih “Buat SPT Baru”. Isi dengan tahun 2009.
  6. Pilih lagi menu program, pilih “Buka SPT yang Ada”, klik “buka”.
  7. Kemudian muncul Konfirmasi, ente pilih “Buka SPT untuk diedit”, and klik OK.
  8. Nah sekarang menu SPT PPh udeh aktif, ente klik menu SPT PPh itu dech, akan banyak pilihan LAMPIRAN I, LAMPIRAN II, SPT 1770 S.
  9. Terserah dech mo diisi yang mane dulu, tapi sebaiknya mulailah isi SPT 1770 S, kemudian baru lampiran I dan lampiran II, jangan lupa setelah diisi klik “disimpan”.
  10. Kite tinggal pindahin data-data penghasilan dan potongan pajak yang kita terima dari UI itu, semua udeh terima khan ? Software itu akan menghitung sendiri PPh terhutang dll, hebat juga die.
  11. Kalo udeh diisi semua, buka menu “SPT tools”, pilih “menu cetakan”.
  12. Pengalaman ane, kalo langsung dicetak hasilnye akan jelek, harusnye 1 halaman jadinye 2 halaman, makanya ane pilih menu “copy”, terus di-paste disimpen di word document, jangan lupa ukuran kertasnye harus legal (8,5” x 14”).
  13. Silakan dicoba !

Nah sebelum bayar pajak, bayar zakat dulu doong….manfaatnye ruarrrr biasa…insya Alloh.

About these ads

Entry filed under: Artikel Campuran. Tags: .

UJI EMISI BATCH-2 Seminar Nasional Teknik Mesin Universitas Mataram

8 Comments Add your own

  • 1. Saptono  |  March 10, 2010 at 3:47 am

    Bayar pajak melalui LAZ dapat 2 manfaat sekaligus yi. pengguguran kewajiban dan pengurangan pajak. LAZ tertentu mis. Dompet Dhuafa biasanya akan mengirimkan rekapitulasi Zakat kita selama setahun yang bisa langsung dilampirkan untuk pengurangan pajak.

    Reply
  • 2. Gandjar K  |  March 25, 2010 at 5:33 am

    Yo ma man… baru kali ini ane’ rasain ini blog bermanfaat cihuyy cuuuy wakakakakakkkk… :))

    Reply
  • 3. surya  |  April 26, 2010 at 12:34 pm

    Terima kasih atas cara-cara pengisiannya. Semoga bermanfaat bagi kita.

    Reply
    • 4. imansyah88  |  April 27, 2010 at 4:25 am

      Sama-sama bro….

      Reply
  • 5. nazar  |  March 25, 2011 at 9:47 am

    lagi mau nyoba a’ pake soft ini. ga tau cara isinya nehhh.
    ex : formulir 1770 S-1 jumah bagian A
    nah itu bingung ane , mo isi apaan..???

    Reply
    • 6. imansyah88  |  March 28, 2011 at 10:42 am

      Jangan dipaksain diisi kalo emang gak ade penghasilan dari situ cak.. kosongin aje.

      Reply
  • 7. apo  |  March 28, 2011 at 6:06 am

    mo nanya nih bang,waqktu ane ngisi profile kan disuruh ngisi NPWP trus nama WP, dll.nah pas kolom tahun buku /tahun pajak ane salah ngisi,harusnya ane ngisi 2010 yg keisi malah tahun 2011.pertanyaannya,bisa dibenerin ga tuh profilenya.makasih bang sebelumnya…

    Reply
    • 8. imansyah88  |  March 28, 2011 at 10:39 am

      Bisa, ente bisa edit atau bikin lagi trus simpan dengan nama file yang berbeda. COba dech.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

March 2010
M T W T F S S
« Feb   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: