Isuzu Panther Sporty 1997

December 28, 2008 at 3:41 pm 31 comments

Isuzu Panther Sporty 1997 - Tampak Depan

Isuzu Panther Sporty 1997 - Tampak Depan

Isuzu panther sporty 1997 ini ane beli dari sahabat baik ane Rahmat Nurcahyo akhir tahun 2007 tepatnye saat acara halal bihalal dosen FTUI, duduk sebelahan ame Rahmat, ntah mulanya pembicaraan tentang ape, ujung-ujungnye ane kepengen mobil MPV yang muatnye banyak, eee..Rahmat nawarin, tapi ane nggak duit banyak nich, adenye cuma 30 juta (hasil jeri payah brother dari teknik kimia yang ngajak ane ikut proyek BBN dan hasil jual si ijo mitsubishi lancer), sisanye ane cicil dech Mat….deal….Baik bener temen ane ini, udeh dikasih harga murah, bisa dicicil, tape radio dibenerin, klakson diganti yang bagus, jok belakangan dibeliin, accu dibeliin yang baru, di akhir cicilan malah dapet keringanan untuk beli ban baru…hontoni arigatougozaimasu….

Isuzu Panther Sporty 1997 - Tampak Belakang

Isuzu Panther Sporty 1997 - Tampak Belakang

Segepok riwayat manitenance nih panther juga ane terima dari Rahmat. Ane mesti rawat bener-bener nich panther.

Panther ini pada saat Idul Adha 1428 H sudah diajak jalan ke Bandung – Ciwidey, luar biasa tenaganye…

Nah pada Idul Adha 1829 H ane bawa ke Purwokerto, alhamdulillah nggak rewel…..solar juga irit banget.

Sehari-harinye nih panther dipake untuk nganter anak2 sekolah, karena si smash udeh nggak muat lagi, lha wong si Umar badannye udeh gede banget, nggak muat berempat lagi tuch motor.

Ditulis malem-malem pukul 22.30 (28 Des 08) saat sendirian di rumah….

Entry filed under: Isuzu Panther Sporty 97. Tags: .

Suzuki Smash 2005 Biru Silver Metalic Episode I : Road to PHK A3 DTM 2006-2008

31 Comments Add your own

  • 1. Enjang  |  December 28, 2008 at 10:37 pm

    Enggak mampir tuh Panther ke Margaasih, padahal kelewatan pada saat ke Ciwidey.

    Reply
    • 2. imansyah88  |  December 29, 2008 at 1:34 am

      Arigato pak Enjang udeh bersedia namu di blog ane. Insya Alloh pak Enjang, si panther nanti bakalan mampir ke Margaasih…trus kite ke Ciwidey bareng xenia ente ye….

      Reply
  • 3. Rahmat  |  December 29, 2008 at 11:25 pm

    aah.. abang Iman bikin ane jadi tersipu……
    pan karena yang beli temen baik ane yang udah sering ngebantuin… jadi ane ketularan deh….. ikutan baik… :)

    Thanks berat juga Man…. buat segala dukungannya….

    Mudah2an panthernya semakin byk manfaatnya buat keluarga ente karena ane sekeluarga udah puas juga make nye

    Reply
    • 4. imansyah88  |  December 30, 2008 at 2:59 am

      Thanks mat udeh nyempetin mampir ke blog ane, nanti sering-sering ditengokin ye…insya Alloh ane update terus ceritaannye. Ohiye…ntar kalo udeh bosen pake zhafiranye, kabarin ke ane ye kalo mo dilego….zhafira nama anak ane tuch….

      Reply
  • 5. Enjang  |  January 1, 2009 at 12:56 pm

    Oke saya tunggu secepatnya mungpung masih libur tahun baruan 09. Nanti bareng daris margaasih ke ciwidey. Kasih tahu dulu sebelumnya ya..

    Reply
    • 6. imansyah88  |  January 1, 2009 at 3:23 pm

      Dee….mungkin nggak liburan tahun baruan, insya Alloh ntar ane kabarin deh kalo mo ke Ciwidey lagi ye….

      Reply
  • 7. bambang tjahyadi  |  January 26, 2009 at 12:09 pm

    pak imansyah, ane jg pake tuh panther LV 08 akhir, tdnya ane pake innova, ane coba ganti panther supaya irit, emang bener tuh panther irit bgt. jkt – bdg cuma 80 rb, klau innova 250 rb, tarikannya jg enak. ya di jkt kan gak bs ngebut2 paling lari 100 km/jam paling kencang. gak salah ane ganti panther.

    Reply
    • 8. imansyah88  |  January 26, 2009 at 2:39 pm

      Thanks pak Bambang udeh berkunjung ke blog ane. Banyak bener ye temen ane yang namanya “Bambang”…Setelah setahun lebih pake panther, terasa memang mantab….cuma panther ane ini udeh ketuaan kayaknye, pengen diupgrade juga sich….

      Reply
  • 9. bambang tjahyadi  |  January 29, 2009 at 3:34 am

    Iya pak iman, nama bambang pasaran tp mo bilang apa org tua da ksh nama mudah2an jd berkah, amien. panther kalo lari 100 km/jam ada suara msk ke dlm kabin jd berisik di dlm apa hrs di ksh peredam, gmn tuh bos ada solusinya gak?

    Reply
    • 10. imansyah88  |  January 29, 2009 at 11:03 am

      Suara berisik atau bergetar ? Kalo bergetar berarti engine mountingnye harus dicek atau dashboard kurang kenceng. Kalo suara berisik berarti peredamnya ada yang bocor, tapi kalo berisiknya tidak terlalu mengganggu sich menurut saya wajar karena kalo kecepatan 100 km/jam putaran mesin udeh hampir 3000 rpm khan, jadi memnag berisik. Saya kalo bawa panther nggak lebih dari 100 km/jam, itu aja udeh terasa kenceng bener. Pernah ngelariin panther 120 km/jam di tol Cikunir, eee…ban belakang kanan pecah…pas bawa mertua lagi…makanye sekarang mentok 100 km/jam aje, isteri ane juga teriak mlulu kalo kecepatan di atas 100 km/jam. Gitu kira-kira menurut ane pak Bambaang….

      Reply
  • 11. bambang tjahyadi  |  January 30, 2009 at 1:10 pm

    Tapi emang agak limbung kalo di bawa kencang, ada yg ksh saran pakai peredam, krn semua type diesel emang gitu. tp ane salut ame iritnya n msn yg tangguh. kalo pake innova bs dpt 140 km/jam. tp ane ngeri makin dibw kencang makin gak terasa. kalo panther ini benar kt pak iman max 100 km/jam aja.

    Reply
    • 12. imansyah88  |  January 30, 2009 at 2:50 pm

      Bener pak, nggak usah kenceng-kenceng 100 km/jam aje udeh cukup. Minggu lalu ane ke Cidahu (Sukabumi) pake si panther, buat nanjak ok banget. Pak Bambang panthernye LV 2.5 tahun 2008 ya ? AC-nye udeh double blower belom ?

      Reply
  • 13. Saleh  |  January 30, 2009 at 3:12 pm

    wah, turut senang Bang Iman dengan kehadiran keluarga barunya, si Panther Sporty. Saya sempat lama juga pake Panther yang tahun 94, inventaris hasil kerja sama dgn Jerman. Emang itu panther hebat banget larinya, apalagi saat di turunan..he..he..sampai nggak mau ngerem. Terakhir sebelum kemari panthernya nggak ada yang mau ngerawat krn harus turun mesin sehabis dipake temen2 ke Cilacap. Kasihan deh dia di garasi ngejogrog aja. Padahal sebelum udah pernah melanglang sampai Danau Toba lho.

    Reply
    • 14. imansyah88  |  January 30, 2009 at 3:15 pm

      Ahhh surprise si akang Saleh mampir juag ke blog ane…..iye kang…mantab pake panther, lega lagi, AC juga dingin….bawaannye kepengen touring mlulu…kang enjang udeh nanyain mlulu tuch….sehat semua di Jerman kang ?

      Reply
  • 15. prima1121  |  January 31, 2009 at 3:44 am

    Man, dapat juga sporty97 nya?

    Reply
    • 16. imansyah88  |  February 1, 2009 at 2:56 pm

      Iye..khan beli ame si Rahmat…rezeki ane tuch….sporty ente udeh dijual ye ?

      Reply
  • 17. Bambang tj  |  February 5, 2009 at 8:25 am

    iya LV 2008,Blm double pak, tapi ane tambahin jd double. pak Iman kalo buat supaya gak limbung di ksh stabilizer di roda blkng apa gmn? ane coba belokan agak panjang kayaknya agak limbung.

    Reply
    • 18. imansyah88  |  February 6, 2009 at 12:26 pm

      iya, pake stabilizer pasang di as roda belakang, tapi panther saya belom dipasangin, kalo pas belok pelan-pelan, soalnye khan ban panther tuh gede banget, bearingnye kecil…jadi ngeri…

      Reply
  • 19. Hadi  |  March 8, 2010 at 8:37 am

    Temen panther sporty, saya puya panther sporty 97 skr ni saya punya keluhan krn sudah boros menurut saya karena skr solarnya ampe 1-10 biasanya kata nya sampe 1-15 apa bener tu, makanya panther saya baiknya di apa in ? tersu kalo bengkel yang mantep di mana ya ? saya tinggal di Bogor, terima kasih atas sarannya

    Reply
    • 20. imansyah88  |  March 8, 2010 at 9:21 am

      Thanks udeh berkunjung ke blog wasabi, senang ketemu dg pengguna panther.

      Jadi saya cerita dulu panther saya itu,
      Berawal dari uji emisi, pertama gagal itu pudah pasti.

      Kemudian ditambah sedikit aditif, uji emisi kedua gagal lagi tapi hanya tipis sekali di atas ambang batasnya. Perubahaan yang signifikan adalah tarikan jadi lebih enteng, akselerasi tambah mantab, fuel consumption lebih bagus rata2 1:12 di kondisi jalan banyak polisi tidurnye.,

      Saya bawa panther saya itu ke bengkel Raperind di Kali Malang, bengkel ini ada kerjasama dengan kantor saya, di bengkel ini panther saya hanya di flushing dengan carbon clean (baca deh artikel ttg panther lolos uji emisi di wasabi blog, kemudian di uji emisinya, alhamdulillah lolos, knalpot jadi bersih.

      Untuk memaintenance-nya saya tetap pake aditif MZ200, lebih mantab, sudah terbukti, temen2 saya juga banyak yang pake untuk panther, innova diesel.
      Saya kerjasama dengan suplier aditif itu, jadi saya stock di kantor saya, kalo anda mau coba silakan, kantor saya di Teknik Mesin FTUI kampus UI Depok.

      salam
      imansyah

      Reply
      • 21. Hadi  |  March 10, 2010 at 4:04 am

        Wah boleh juga tp soal harga berapa boss? dan gimana caranya kita bisa kekantor boss tuh…. terima kasih.

      • 22. imansyah88  |  March 11, 2010 at 12:02 pm

        Anda bisa langsung ke bengkel Raperind jl. Kalimalang untuk carbon clean (flushing) panther anda, biaya sekitar 600 rb. Kalo anda dari arah Bogor via tol, setelah Cibubur anda ambil jalur tol Cikunir, setelah fly over Cikampek anda terus aja ke arah Tj. Priuk, kira-kira 500 meter dair fly orver itu ada pintu keluar tol Kalimalang, kemudian anda U-turn terus mentok belok kanan, nah itu udah jl. Kalimalang, kira-kira 3 km anda akan ketemu Bengkel Raperind di sebelah kanan. Bengkel Raperind cukup besar, bersebelahan dengan SPBU Pertamina yg juga mewah. contact personnya Rudi atau Fery, no. telpnye : 92306488, bilang aja dari pak Iman UI. Nah setelah diflushing, anda maintaince panther anda dengan aditif MZ100 for diesel, kemasan 15 ml harganya 15 rebu, cukup untuk 15 liter solar, kemasan 100 ml harganya 80 rebu, sudah terbukti di panther saya, malah saya stock aditif 300 ml untuk 6 bulan.

  • 23. Lukman  |  March 8, 2011 at 8:24 am

    Assalamualaykum…Kabar Panthernya gimana pak?

    Reply
    • 24. imansyah88  |  March 8, 2011 at 1:40 pm

      Wah…kalo tanya panther, saya jadi semakin sayang…semakin saya rawat, apalagi kalo bicara masalah isu BBM akhir2 ini. Hari Jumat lalu tgl 4 Maret panther saya uji emisi lagi kebetulan gratis diadakan oleh mahasiswa teknik mesin UI, hasilnya luar biasa…opasitasnya cuma 12,3%, turun dari sebelumnya 37,5%. saya selalu pake aditif MAZ200, selalu saya stock di mobil saya. Panther ente gimane ?

      Reply
  • 25. febrina azzahra  |  March 8, 2011 at 9:09 am

    saya..mo gabung nii.. mo tanya .. saya pakai sporty97.. standar RPM nya kalu langsam berapa ya… tks

    salam

    ffbri

    Reply
    • 26. imansyah88  |  March 8, 2011 at 1:42 pm

      RPM saat langsam (jangan idupin AC ye) standarnye 600-700 rpm. Kayaknye banyak juga nich penggemar panther…..

      Reply
  • 27. nazar  |  May 23, 2011 at 9:55 am

    penggemear tambah satu nih, ….. tpi ga tau perawatan detailnya selain isi oli mesin yg rajin :D.

    ( tukar tambah apa a’ dg pnya ane.., heheheh )

    Reply
    • 28. imansyah88  |  May 23, 2011 at 5:40 pm

      Perawatan yg rutin nih ye catet selalin ganti oli rutin :
      - Ganti filter solar secara berkala, setiap ganti oli sekalian dech tuh ganti filter solar, jangan sayang2 ame duit. Filter solar cuma 25 rebu.
      - Bersihkan setiap 1000 km filter udara, buka tuch box filter, and then bawa filter ke tukang tambal ban, ente pinjem kompresornye untuk semprot tuch filter, kasih aje 2000 perak.
      - Ganti filter oli setiap 5 kai ganti oli mesin.
      - Itu doang, kalo mo lebih yahud lagi beli tuch aditif solar secara rutin ame ane wakakakakakaka…….

      Reply
  • 29. suhry  |  January 31, 2012 at 1:59 am

    Ass. kenalan dong pak iman, saya penggemar panther juga nih sporty 97, additifnya dijual di pasaran gak, ane di purwokerto nih

    Reply
    • 30. imansyah88  |  January 31, 2012 at 2:31 am

      Seneng juga ada kenalan dari Purwokerto. Kebetulan sekali mertua ane asal Purwokerto daerah Kalibagor deket pabrik gula tua itu lho. Biasa kalo idul adha ane mudik ke Purwekerto. Cerita dulu mengenai aditif yg ane pake MAZ200 for diesel itu sebenarnya banyak dipakai oleh kendaraan berat di penambangan dan buat genset. Jadi jarang dijual di pasaran. Ane beli langsung sama suppliernye. Barangkali di Purwekerto nggak ada jual. Saran saya, ente bersihkan aje dulu injector panther ente dengan injector cleaner. Hasilnya luar biasa. Injector cleaner banyak dijual di pasaran, ane pake merk STP kemasannye botol gepeng warna kuning 500 ml, harganya sekitar Rp 78.000, beli di ACE HARDWARE.
      Caranye : buka filter solar, buang semua solar yg ada di filter tsb, kemudian isi injector cleaner full, sisanya masukan ke tanki solar, solarnye isi full dulu ye. Kemudian hidupkan mesin, tahan di rpm 1500 selama 10 menitan, beberapa saat kemudian terasa tuch tarikannya jadi enteng, rpm juga jadi naik. Itu karena pengaruh injector cleaner yg ada di filter. Asap juga akan kotor sekali. Nanti setelah 50 – 100 km, baru dech terasa enaknye. Silakan dicoba mas. Salam solarmania.

      Reply
  • 31. nazarhidayat  |  February 23, 2012 at 3:52 am

    wah emng perawatannye maknyus ……

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

December 2008
M T W T F S S
    Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

